Cinderamata Khas Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pekanbaru, yaitu ibukota dari provinsi riau , kota Pekanbaru dapat di sebut sebagai salah satu kota maju yang ada di Indonesia, setelah Karawang dan Surabaya, Pekanbaru dapat di bilang kota maju sebab factor industrinya yang maju.

    Tidak hanya dalam bidang industry nya saja, Pekanbaru juga maju dalam bidang wisatanya jadi jangan heran apabila banyak turis dari luar kota maupun luar negeri yang berlibur ke Pekanbaru, Ngomong –ngomong tentang wisata pasti ada hal yang tidak boleh kita lupakan apabila ingin kembali lagi saat masa libur yaitu oleh oleh atau buah tangan.

    Pekanbaru banyak sekali oleh oleh khas yang sangat menarik baiklah kita akan bahas beberapa oleh-oleh khas dari Pekanbaru .

    1. Batik

    Siapa yang tidak suka dengan batik, setiap orang pasti  menyukai batik dengan berbagai macam motif, di Pekanbaru sendiri juga terdapat batik khas nya sendiri. Batik riau memiliki motif yang sangat beragam, salah satu keunggulan motif batik riau adalah menggunakan campuran warna warna yang cerah sehingga enak di padang oleh mata.

    1. Replika  Perahu Lancang Kuning

    Di Pekanbaru terdapat sebuah perahu yang sangat melegenda yaitu Perahu Lancang Kuning. Perahu ini banyak di gunakan oleh warga riau khusus nya yang beda di deretan aliran Sungai Siak biasanya di gunakan untuk menyebrangi sungai,  di Pekanbaru juga terdapat sebuah cendramata yang berupa Replika Perahu Lancang Kuning, replika tersebut biasanya di buat dari kayu meranti yang memiliki tekstur yang keras dan pastinya awet.v7

    1. Tenun Songket Melayu

    Tidak hanya batik, di riau juga terdapatkain yang berupa songket. Kain ini banyak di incar oleh para wisata sebab kain songket memiliki motif yang indah dan juga sangat khas, motif yang paling terkenal yaitu motif pucuk rebung, bunga teratai dan lainnya.

    1. Kerajinan Rotan

    Pekanbaru juga terkenal dengan kerajinan rotannya yang bagus, di Pekanbaru sendiri kerajinan rotan sering di jadikan cinderamata oleh wisatawan yang berlibur ke Pekanbaru, kerajinan rotan di riau memiliki bentuk yang macam mulai dari kursi, meja, tudung saji, hingga mainan jungkit-jungkit buat anak-anak.

    1. Vas Bunga Etnik Riau

    Di Pekanbaru juga terdapat sebuah oleh-oleh khas yang berupa vas bunga, pada vas bunga ini tedapat corak khas melayu. Apabila vas bunga biasanya dibuat menggunakan bahas dasar keramik, berbeda dengan vas bunga etnik riau ini vas bunga ini di buat menggunakan kelopak mayang kelapa dengan tambahan unsur kayu

    1. Minuatur Landmark

    Setiap kota di Indonesia pasti memiliki landmark nya masing-masing, begitu juga dengan Pekanbaru, di Pekanbaru terdapat masjid Agung Annur sebagai salah satu landmark nya Pekanbaru, tetapi landmark yang di buat miniatur yang paling terkenal adalah Tugu Tarian Rakyat.

    1. Miniatur Rumah Adat

    Tidak hanya miniatur landmark saja, di Pekanbaru juga terdapat minatur rumah adat. Salah satu miniatur rumah adat adalah “Balai Salaso Jatuh,” dan yang paling terkanal adalah “Salaso Jatuh Kembar”dan rumah rumah adat tersebut di sulap menjadi sebuah miniatur yang sangar cocok di jadikan sebagai oleh oleh dan cinderamata.

    Itulah cinderamata khas dari Pekanbaru yang harus kalian beli apabila ingin berkunjung ke Pekanbaru.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cinderamata Khas Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar