Tim Riset Unilak Rancang Standarisasi Wisata Halal

Daftar Isi

    Foto: Suasana FGD yang dilaksanakan tim riset wisata halal Unilak

    LancangKuning.Com, PEKANBARU -- Guna mencari kesamaan persepsi terkait standar kehalalan dari wisata halal, Tim Riset wisata halal Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru gelar Forum Group Discusion (FGD) Jumat (5/4/2019) di hotel Alfa Pekanbaru.

    Pada kesempatan itu Tim riset wisata halal Unilak yang diketuai oleh Dr.Junaidi dan  beranggotakan Dr. Bagio Kadaryanto, Afred Suci SE.M.Si dan Satria Tri Nanda SE, M.Si memaparkan sejumlah temuan lapangan dan rancangan indikator standar penetapan tingkat kehalalan pengelolaan wisata halal.

    Baca Juga: Prodi PGSD UNRI Gelar Present lll Se-Riau

    "Rancangan indikator standar dan aplikasi penilaian tingkat kehalalan pengelolaan wisata halal ini merupakan kontribusi nyata akademisi dalam membantu pemerintah dan pelaku usaha wisata dalam membuat pedoman pengklasifikasian wisata halal yang selama ini masih menjadi kendala bagi para pelaku usaha wisata dalam memahami apa dan bagaimana semestinya mengelola wisata halal,"jelas Dr Junaidi, seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

    Junaidi berharap kedepan akan ada keseragaman persepsi dari seluruh pihak berkepentingan dalam mendefinisikan dan mendeskripsikan konsep wisata halal.

    "Nantinya hasil luaran riset yang berupa sistem penilaian tingkat kehalalan berbasis IT ini, hendaknya dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses akreditasi tingkat kehalalan sebuah usaha wisata," sebutnya.

    Pelaksanaan FGD ini mendapatkan apresiasi positif dari sejumlah peserta yang merupakan para pihak berkepentingan, diantaranya dari pihak pemerintah yang diwakili oleh Dinas Pariwisata dan Kanwil Kementerian Agama, pelaku usaha wisata, MUI dan juga konsumen.

    Baca Juga: 10 Fakultas Politeknik Caltex Riau Meriahkan PCR Expo 2019

    Para peserta secara antusias memberikan pandangan dan saran yang bermanfaat bagi tim riset dalam menyempurnakan rancangan indikator standar wisata halal.

    "Harapan dari para peserta agar hasil akhir dari riset ini bisa ditindaklanjuti, baik oleh tim riset wisata halal Unilak, pemerintah pusat dan daerah, dan para pelaku usaha wisata sehingga bisa terbentuk sebuah ekosistem wisata halal yang memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi seluruh pihak berkepentingan" tutup Junaidi yang juga wakil rektor I Unilak. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tim Riset Unilak Rancang Standarisasi Wisata Halal
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar