Keunikan Danau Zamrud Siak

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siak merupakan salah satu Kabupaten termaju yang ada di Riau. Siak juga memiliki segudang Hal baik itu Objek Wisata (Wisata Alam atau Wisata) dan Sejarah nya yang menarik untuk di pelajari. Salah satu Objek Kekayaan Indonesia yang sekarang ialah Taman Nasional yang saat ini tengah Populer dan masih akan terus dikembangkan di Siak, adalah Danau Zamrud.

    Danau Zamrud sendiri berada di tengah hutan yang agak jauh dari Pusat Kota Siak, yaitu sekitar 30 Kilometer atau jika ditempuh lewat jalur darat (Bukan jalur Sungai) waktu tempuh yang dibutuhkan ialah kurang lebih 40 Menit. Menariknya, Danau Zamrud kini berstatus Marga Satwa  dimana Kamu bisa menjumpai spesies Langka (Baik Flora dan Fauna) yang jarang Kamu jumpai di tempat lain dan tentunya semua itu dilindung

    Di hutan sekitar Danau Zamrud, terdapat tumbuhan langka seperti Tumbuhan Pinang Merah. Tumbuhan yang berada di Sekitar Danau Zamrud juga merupakan Dominasi dari Tumbuhan seperti Bitangur, Balam, Punak, Kempas, Resak, Perupuk, Nipah, Rengas, Sagu Hutan, Pandan, dan lain sebagainya. Dan juga berbagai jenis Pohon Meranti, seperti Meranti Lilin, Meranti Kait, Meranti Alan, Meranti Sabut, dan Meranti Bakau.

    Dan juga terdapat berbagai Satwa yang dilindungi di sekitarnya, seperti Harimau Sumatera, Buaya Sinyulong, Beruang Madu, Ikan Arowana, Buaya Muara, Kokah, Harimau Dahan, Napu, Monyet Ekor Panjang, dan juga Beruk. Serta tak lupa beragam jenis Unggas. Juga di dalam Danau Zamrud juga terdapat Ikan seperti Ikan Arwana dan Ikan Belida yang dilindungi.   

    Selain Kekayaan Sumber daya hayati, di bawah tanah Danau Zamrud terdapat Kekayaan Sumber Daya Alam terbesar di Riau, seperti Minyak Bumi.

    Uniknya, di Danau yang Cantik dan Mempesona ini terdapat beberapa Pulau yang berpindah, atau bergerak secara Konsisten dan terus menerus. Terdapat 4 Pulau yang dapat berpindah di Danau Zamrud, ialah Pulau Besar, Pulau Tengah, Pulau Bungsu dan Pulau Beruk. Pulau-pulau ini umumnya disebut dengan Pulau Hanyut. Mengapa Pulau-pulau tersebut bisa berpindah?

    Pulau-pulau terbentuk dari berbagai jenis tumbuhan dan Endapan Lumpur, karena itu Pulau ini dapat berpindah sewaktu-waktu sesuai dengan Pergerak Air Danau. Di tengah-tengah Danau ini juga terdapat Pulau yang dinamakan Pulau Beruk, Pulau ini memang merupakan Habitat beruk dimana terdapat banyak sekali jenis beruk tanpa ekor atau nama lainnya Macaca Maura.

    Sejak 25 November 1980, Danau Zamrud dijadikan tempat Suaka Marga Satwa oleh Pemerintah Indonesia. Dan Danau Zamrud juga masih tengah dikembangkan untuk dijadikan sebagai tempat Riset Ilmu Pengetahuan dan Alam, dan Obat-obatan.

    Jika Kamu memutuskan untuk mengunjungi Danau Zamrud, akan lebih cocok untuk Kamu kunjungi pada saat Sore atau sekitar Pukul 4 Sore. Karena Danau Zamrud memiliki View yang sangat Keren disaat Sore. Selain itu, Bakalan ada beberapa jenis Hewan yang akan bersuara dan menampakkan dirinya. Seperti burung Serindit yang biasanya berkicau saat sore, dan berbagai Jenis ikan yang akan mucul ke permukaan, seperti Ikan Arwana Emas dan Ikan Belida.

    Tentunya, Danau Zamrud kurang cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga, selain Fasilitas serta Jalan Akses ke Danau ini yang sulit, juga terdapat berbagai jenis binatang yang Kurang atau sama sekali tidak jinak dan berbahaya, seperti Harimau Sumatera dan Beruang. Namun, Tempat ini masih tetap perlu dijaga keasriannya dan jangan sampai keanekaragaman Hayati di danau ini menghilang karena ulah kita.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keunikan Danau Zamrud Siak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar