Pacu Sampan Leper Kawasan Pekan Arba di Tembilahan, Atraksi Wisata Tahunan

Daftar Isi

    Indragiri Hilir, Lancangkuning.com - Kawasan Pekan Arba bagi masyarakat Tembilahan merupakan tempat rekreasi yang mana kawasan Pekan Arba berada di pinggir sungai Batang Sebatu. Pekan Arba adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Kawasan Pekan Arba berdekatan dengan kota Tembilahan, Kawasan Pekan Arba dari tahun ke tahun mengalami pendangkalan dan mengakibatkan transportasi antara Pekan Arba dengan desa-desa seberangnya menjadi sulit.

    Dengan kondisi demikian masyarakat di sekitar kawasan membuat sampan yang berbentuk leper atau rata di bagian bawahnya dan dapat berjalan serta meluncur di pantai lumpur maupun di atas air, sehingga sampan tersebut sampai saat ini dijadikan sebagai alat transportasi di kawasan Pekan Arba.

    {{}}

    Kegiatan transporasti dengan sampan di kawasan Pekan Arba ini kemudian dimanfaatkan menjadi atraksi wisata yang setiap tahunnya diperlombakan. Pacu sampan leper ini diadakan diatas lumpur dengan sampan bagian bawahnya rata, sehingga bisa berjalan dan meluncur di atas lumpur maupun air. Sampan jenis leper ini adalah transportasi yang biasa digunakan secara turun-temurun.

    Adapun sampan leper tetap digunakan dalam keseharian dan sudah turun-temurun oleh masyarakat seribu parit Inhil karena sulitnya transportasi jika air sedang surut, demgan sampan leper maka tetap bisa digunakan saat ada air maupun dalam kondisi tak berair ataupun lumpur. Dengan begitu transportasi dan kegiatan masyarakat tetap bisa berjalan seperti biasanya. Di kawasan Pekan Arba juga ada beberapa fasilitas berupa, pintu gerbang, pos jaga, tribun pengunjung terbuka, wc umum, tempat parkir dan sebagainya.

    Pacu sampan di kawasan Pekan Arba dilaksanakan dan diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hilir. Jika terjadi pendangkalan sungai maka terkadang pemerintah setempat memindahkan event ke kawasan Wisata Kuala Getek, Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka. (hyAzn)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pacu Sampan Leper Kawasan Pekan Arba di Tembilahan, Atraksi Wisata Tahunan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar