Objek Wisata di Lamandau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Lamandau adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, dan Ibukotanya adalah Nanga Bulik. Keadaan Kabupaten Lamandau yang banyak di aliri sungai-sungai, menjadikan urat nadi bagi perekonomian Kabupaten ini.

    Kabupaten ini sendiri memiliki semboyan Bahuam Bakuba yang maksudnya berarti Musyawarah untuk Mufakat.

    1. Batu Batongkat

    Batu Batongkat adalah destinasi wisata alam dengan mempunyai perbukitan dan batuan yang besar menyerupai buritan dari sebuah kapal.

    Batu ini merupakan sebuah kapal yang pecah yang dikutuk dan berubah menjadi batu. Bagi kamu yang ingin menaiki batu ini harus meletakkan tongkat kayu khusus ke dasar batu agar kutukan Batu Batongkat tidak terjadi lagi.

    2. Bukit Sebayan

    Bukit Sebayan ini terletak di perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat yang berjarak 120km dari ibukota Kabupaten Lamandau. Bukit Sebayan adalah destinasi wisata alam dengan menawarkan keindahan paronama alam dan flora faunanya.

    Bukit Sebayan sendiri memiliki daya tarik bagi kamu yang suka menjelajahi rimba dan mendaki gunung. Walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi Bukit Sebayan memiliki jalur pendakian yang licin dan sangat curam.

    Kamu bisa melihat pohon-pohon kayu dengan batang yang berukuran besar dan jenis-jenis pohon tanaman langka yang dilindungi. Ketika kamu mencapai ketinggian 900 meter diatas permukaan laut, kamu akan melihat perubahan di ketinggian ini yang sangat menakjubkan.

    Selain itu, kamu bisa juga melihat berbagai macam hewan liar khas Kalimantan. Kamu tidak perlu khawatir akan diganggu karena kamu akan dilindungi oleh guide lokal yang sudah tahu dengan seluk beluk hutan disini.

    3. Bukit Sampuraga

    Bukit Sampuraga terletak di Desa Karang Besi, berjarak 2 kilometer dari Sungai Belantikan. Bukit Sampuraga merupakan bukit yang mirip reruntuhan kapal yang dikarenakan seorang anak yang durhaka pada ibu kandung dan dikutuk menjadi bukit batu

    4. Air terjun Palei Kodan

    Air Terjun Palei Kodan terletak di Kecamatan Belantikan Raya yang berjarak 55 kilometer dari Ibukota kabupaten Naga Bulik. Air terjun Palei Kodan ini memiliki air deras dengan cucuran air di bebatuan dan terdapat banyak macam flora yang unik. Ada banyak jenis tanaman disini karena berada di hutan yang asri dan terawat.

    5. Festival Babukung

    Festival Babukung adalah festival tahunan yang dilakukan di Ibukota Nanga Bulik. Festival Babukung ini merupakan tarian ritual adat, yang digunakan di kala kematian Suku Dayak Tomun. Tarian ini menggunakan berbagai macam topeng hewan dengan karakter tertentu yang disebut Luha yang mencirikan 12 hewan khas Lamandau, sedangkan para penari disebut Bukung.

    Para penari ini datang dari kelompok masyarakat yang bertujuan untuk menghibur keluar duka dan sambil memberikan bantuan. Namun, Tari Babukung ini berusaha dilestarikan karena semakin di tinggalkan dan hanya beberapa kelompok masyarakat saja yang tau.

    6. Rumah Betang

    Rumah Betang terletak di Kecamatan Delang. Rumah Betang adalah rumah-rumah tradisional penduduk Suku Dayak. Rumah betang rata-rata sudah berumur ratusan tahun, dan masih terawat hingga saat ini. Penduduk disini masih melestarikan adat-istiadat dan budaya mereka.

    Rumah Betang yang masih terawat dan sering dikunjungi hingga saat ini adalah Rumah Betang Ojung Batu. Dahulu, Rumah Betang digunakan sebagai tempat tinggal tokoh masyarakat yang memiliki ribuan tajau, tanjau adalah sebuah benda yang mirip dengan tempayan yang merupakan simbol kekayaan dan kehormatan.

    Tajau juga merupakan benda yang memiliki kekuatan gaib dan juga dapat membawa rejeki. Menurut Legenda, pembuatan tajau harus orang yang menguasai upacara khusus sebelum membuatnya. Sekarang Rumah Betang yang berumur 1.000 tahun hanya dimiliki oleh Omas Petinggi kaya yang merupakan tetua ada di Kecamatan Delang. Rumah Betang merupakan bangunan bersejarah yang harus dilindungi.(Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata di Lamandau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar