Wow.. Bunga Sakura Tumbuh Di Ranah Minang

Daftar Isi

    Bunga sakura ada di Sumatra Barat? Beneran? Bukannya bunga ini Cuma ada di Jepang?

    Yupz, Bunga sakura (cherry blossoms) adalah salah satu ikon Negara Jepang, bunga ini akan bermekaran dengan indahnya di musim semi. Uniknya, Bunga ini tidak memiliki daun, hanya berupa pohon yang dipenuhi bunga berwarna pink lembut. Jika musim semi tiba, maka jalanan dan berbagai sudut kota jepang akan diwarnai dengan keindahan bunga sakura.

    Keindahan inilah yang membuat Universitas Andalas (Unand) Padang mencoba membudidayakan pohon sakura di Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Daerah Alahan Panjang, di Kabupaten Solok dipilih karena iklimnya yang cocok untuk membudidayakan bunga ini.

    “Kita mendapatkan bantuan tunas satu batang Pohon Sakura dari Jepang, dan saat ini sedang ditumbuhkan di Kabupaten Solok,” kata Pembantu Rektor Unand, Helmi di Padang. Lebih lanjut Helmi menjelaskan batang pohon sakura yang dikirim dari Jepang tersebut memiliki panjang sekitar 50 cm, hanya berupa tunas dan tidak dilengkapi tanah maupun daun.

    Dalam membudidayakan pohon tersebut, Unand melibatkan pakar-pakar yang memiliki ilmu dalam tanaman, termasuk dari ilmu tanah, yang tergabung dalam tim Pusat Alih Teknologi dan Pengembangan Kawasan Pertanian (PATPKP). Bahkan tidak hanya di Kabupaten Solok, daerah lain dengan iklim yang cocok dan menunjang budidaya bunga sakura juga akan terus dikembangkan.

    Bisa dibayangkan bukan? jika program budidaya Bunga sakura ini berhasil tentu akan dapat menunjang pariwisata di Indonesia, khususnya di Sumatra Barat.

    Dan yang paling penting, jika kamu sangat mengagumi bunga sakura tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahannya, Negeri tetangga si Ranah Minang udah punya kok !

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wow.. Bunga Sakura Tumbuh Di Ranah Minang
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar