Tips Untuk Kamu yang Bingung Pilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Jurusan

Daftar Isi

    
    

    Sumber foto : Blog Ruang Guru

    LancangKuning.com - Setamat dari bangku Sekolah Menengah Atas atau sederajat seringkali menghadapi dilema memilih jurusan perkuliahan. Seringkali kita merasa galau jurusan apa yang sebaiknya dan cocok untuk kita. Ditambah lagi saat kamu belum menemukan kamu ingin jadi apa nantinya.

    Nah, agar kamu tidak merasa bingung dengan jurusan yang kamu pilih, berikut beberapa tips memilih jurusan agar kamu tidak merasa salah pilih jurusan.

    1. Pilih jurusan sesuai hobby

    Kamu akan lebih mudah menjalani kehidupan perkuliahan dan mencapai cita-cita kamu jika kamu memilih jurusan yang sejalan dengan hobi kamu. Ditambah lagi jika hobby tersebut bisa menjadi jenjang untuk karir kamu. Kita akan merasa senang jika menjalani sesuatu hal yang kita gemari, namun jangan sampai salah artikan maknanya yah. Jika kamu hobby tidur jangan memilih jurusan yang membuat kamu selalu tidur di kelas.

    1. Jangan pilih jurusan dengan alasan ingin satu kampus dengan pacar

    Kamu harus ingat bahwa pacaran itu sifatnya hanya sementara nggk kekal, bisa saja setelah kuliah kamu putus apalagi kalau itu masih baru gebetan. Jika kamu memilih jurusan kuliah karena ingin satu kampus dengan pacar, kamu akan kesulitan move on jika nanti putus. Jika memang minat kamu di jurusan tersebut ada tentu saja tidak akan menjadi masalah namun akan berbeda halnya jika tidak. Kamu akan mengalami lelah hati dan otak juga.

    1. Pilihlah jurusan sesuai kemampuan

    Apabila kamu masih belum menemukan minat atau hobby kamu dimana, kamu harus mempertimbangkan kemampuan kamu dalam memilih jurusan. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Setidaknya jurusan yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan kamu akan membuat kamu cepat beradaptasi. Contohnya apabila kamu hobby menulis kamu bisa memilih jurusan Jurnalistik.

    1. Memilih jurusan yang bikin nyaman

    Dalam memilih jurusan itu tentu saja butuh kehati-hatian, karena memilih jurusan menyangkut masa depan kita sama halnya dengan memilih jodoh. Tentu saja kita ingin menjalani hal yang membuat kita nyaman bukan. Nggk mungkinkan jika kamu pisah dengan jurusan yang satu kamu harus ikut tes lagi.

    1. Jurusan yang membuat penasaran

    Tips terakhir yang bisa kamu coba adalah memilih jurusan yang membuat kamu merasa penasaran. Apabila kamu merasa penasaran dengan jurusan tersebut kamu akan menikmati setiap mata kuliah yang ada karena rasa penasaran tersebut. Namun, tetap kamu ingat juga jangan terlalu penasaran yang akhirnya membuat kamu tidak lulus-lulus.

    Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih jurusan kuliah. Semoga kamu bisa mendapatkan jurusan yang sesuai yah.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Untuk Kamu yang Bingung Pilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Jurusan
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar