Resiko Memakai Headset Terlalu Lama

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Headset merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan video ataupun music tanpa mengganggu orang lain karena video atau music yang sedang kita dengarkan. Banyak orang menggunakan headset untuk membantu mereka bisa lebih santai ataupun fokus dalam melakukan pekerjaan mereka sehari-hari tanpa harus mengganggu orang lain. Akan tetapi menggunakan headset terlalu lama dan terlalu sering akan berakibat buruk bagi telinga kita, kenapa?

    Menurut para ahli, mengatakan bahwa menggunakan headset selama lima jam dalam seminggu akan membuat terjadinya kerusakan permanen pada telinga. Mungkin bagi anda yang gemar menggunakan headset tidak merasakan dampak berbahaya dari headset ini, tapi kelak anda akan merasakan. Jadi jangan menyesal jika suatu saat anda merasakan dampak buruk dari penggunaan headset ini.

    Adapun beberapa Resiko Memakai Headset Terlalu Lama Berikut pembahasannya:

    1. Gangguan Pendengaran

    Peneliti dari Committe On Emerging and Newly Identified Health Risks telah meneliti hal ini dan menyatakan bahwa orang yang terlalu sering menggunakan headset memiliki resiko akan kehilangan daya pendengaran dalam jangka Panjang.

    Hal ini bisa terjadi karena suara dari headset terpusat langsung kepada telinga yang tidak ter-distribusi dengan baik, sehingga mengakibatkan suara-suara yang masuk ke telinga akan melebihi batas ideal yang bisa diterima oleh telinga.

    1. Peradangan Telinga

    Hal ini sangat berlaku pada headset yang mempunyai eardbuds yang kecil. Karena eardbuds yang ada pada headset akan membuat kuman dan bakteri mudah untuk bersarang, sehingga apabila anda menggunakan headset terlalu lama atau bahkan menggunakan headset bergantian dengan orang lain akan sangat berbahaya untuk kesehatan telinga anda karena headset memudahkan perpindahan kuman dan bakteri. Apabila hal ini sudah mencapai tahap yang serius tidak dapat dipungkiri akan membuat adanya peradangan pada telinga.

    1. Kerusakan Otak

    Bukan hanya pada telinga, headset juga sangat berpengaruh pada kesehatan otak. Gelombang elektromagnetik yang ada pada headset akan sangat mempengaruhi gelombang listrik yang ada pada otak. Karena berdasarkan uji coba para ahli, gelombang elektromagnetik sangat berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Hanya saja sampai sekarang belum diketahui berapa besar efek gelombang elektromagnetik terhadap otak manusia, tetapi tetap saja kita harus tetap waspada.

    1. Radiasi

    Dilansir dari PC Megazine, semua ponsel dan juga headset Bluetooth memancarkan radiasi, hanya saja radiasi yang dihasilkan oleh headset lebih kecil dari pada ponsel. Sampai sekarang para peneliti sedang meneliti apakah jumlah radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dan juga oleh headset akan berpengaruh jangka panjang seperti, apakah akan memicu terjadinya kanker. Akan tetapi para peneliti sudah mengaitkan bahwa radiasi terhadap kepala akan membuat terjadinya kanker, autisme, kerontokan rambut, dan tumor otak. Tetapi untuk mengatasi ini, para produsen headset telah mengeluarkan headset anti radiasi, tapi tetap saja terlalu lama dan terlalu sering menggunakan headset tidaklah baik.

    Bagaimana? Mengerikan bukan? Sebelum hal yang disebutkan tadi terjadi pada anda ada baiknya anda mencegahnya dengan cara seperti mengurangi volume dan juga mengurangi waktu menggunakan headset. Tetapi terkadang kebanyakan orang akan menggunakan headset pada tempat yang ramai seperti stasiun kereta ataupun terminal bus yang membuat tanpa sadar mereka akan meninggikan volume headset mereka lebih tinggi lagi.

    Sekian pembahasan tentang resiko enggunakan Headset Terlalu Lama, semoga bermanfaat dan menjadi teguran bagi anda yang suka menggunakan headset dengan waktu yang lama dan juga volume yang besar.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Resiko Memakai Headset Terlalu Lama
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar