Tips Atasi Mata Kering dan Sensitif Terhadap Cahaya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mata adalah alat indra yang dapat mendeteksi cahaya, dengan adanya cahaya yang masuk ke dalam mata membuat kita bisa melihat objek yang ada di sekitar kita. Mata juga rentan terkena penyakit seperti Mata Kering. Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata akan  terasa panas, perih, dan akan terlihat merah bahkan terkadang membuat pandangan menjadi kabur.

    Selain mata kering juga ada mata yang sensitive terhadap cahaya atau biasanya disebut dengan Fotofobia. Apabila mata kering dan Fotofobia ini berkombinasi akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengatasi mata kering dan sensitive terhadap cahaya?.

    Cara Mengatasi Mata Kering dan Sensitif Terhadap Cahaya

    Sebenarnya penyebab mata sensitif terhadap cahaya adalah karena mata kering, sehingga mata yang kering biasanya akan terjadi bersamaan dengan Fotofobia. Kondisi ini membuat kita merasakan perih pada mata dan membuat migrain bila kita berada pada suatu ruangan yang memiliki cahaya yang terlalu terang. Bila anda merasakan gejala-gejala mata kering dan Fotofobia ini maka jangan ragu untuk pergi ke dokter, karena cara-cara berikut belum tentu dapat mengobati mata perih dan Fotofobia yang anda alami.

    Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mata kering dan juga untuk merawat kesehatan mata anda. :

                1. Penggunaan Kacamata dan Perhatikan Pencahayaan Pada Ruangan Anda.

    Sebenarnya bukan hanya cahaya pada ruangan, matahari juga terkadang menjadi penyebab timbulnya mata kering dan Fotofobia anda bisa menggunakan kacamata hitam atau yang berwarna gelap untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam mata. Hanya saja penggunaan kacamata hitam hanya untuk di luar ruangan saja. Jika anda menggunakan kacamata hitam pada ruangan, tidak akan melindungi mata anda karena penggunaan kacamata hitam dalam ruangan hanya akan membuat mata anda lebih peka terhadap cahaya.

    Hindari juga meredupkan cahaya sehingga membuat ruangan menjadi gelap. Aturlah cahaya yang ada pada ruangan anda senyaman mungkin dan tingkatkan cahaya secara bertahap agar mata dapat terbiasa.

                2. Menjaga Suasana Hati

    Fotofobia juga dikatikan dengan suasana hati, maka jika anda tidak menginginkan gejala Fotofobia terjadi pada anda maka hindarilah stres. Sangat banyak hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki suasana hati anda seperti berolahraga, menonton film komedi, mendengarkan musik yang riang.

                3. Sunktik Botulinium Toxon A (botox)

    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran University of Miami melakukan uji coba terhadap penggunaan botox pada pasien yang terkena mata kering dan Fotofobia. Hasil yang didapatkan yaitu, selama masa pengobatan sepertiga dari pasien mengalami gejala lebih ringan.

    Penggunaan dari botox memang sepertinya cukup efektif, hanya saja suntik botox belum resmi sebagai pengobatan yang tepat, karena botox juga memiliki efek samping yang lumayan diantaranya, adanya reaksi alergi, hanya bersifat sementara, botox juga dapat membuat otot mati rasa.

                4. Menggunakan Obat Sesuai Resep Doter

    Bila cara diatas masih saja membuat mata anda kering dan juga sensitif terhadap cahaya, maka solusi terakhir adalah ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat seperti obat anti radang, obat tetes mata, atau obat yang merangsang produksi air mata. Untuk obat tetes mata sangat di anjurkan untuk mengikuti resep dokter, karena obat tetes mata mempunyai banyak jenis dan juga fungsi yang beragam. Jadi jangan membeli obat tetes mata sembarangan yang dijual bebas di apotek ataupun warung-warung.

    Sekianlah pembahasan saya tentang bagaimana Cara Mengatasi Mata Kering dan Mata Yang Sensitif Terhadap Cahaya semoga bermanfaat.(Dary)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Atasi Mata Kering dan Sensitif Terhadap Cahaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar