Tempat Bersejarah Di Daerah Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Provinsi Riau merupakan tempat di mana wisatawan berkunjung untuk melihat tempat wisata maupun mencicipi atau merasakan masakan khas dari Provinsi Riau. Provinsi Riau merupakan tempat yang juga meninggalkan peninggalan bersejarah di masa kerajaan. Provinsi Riau merupakan Provinsi terluas di Indonesia.

    Karena Provinsi Riau merupakan Provinsi yang luas maka Provinsi Riau Juga memiliki banyak kerajaan. Diantaranya Istana Siak Sri Indrapura. Kota Pekanbaru yang telah berumur 225 tahun lebih pasti banyak meninggalkan benda-benda sejarah. Benda-benda bersejarah tersebut di simpan dan di jaga di Museum.

    Kita dapat melihat banyak peninggalan bersejarah yang sudah ada semenjak masa kerajaan di Provinsi Riau. Selain meninggalkan benda-benda bersejarah Provinsi Riau juga meninggalkan tempat bersejarah yang dulunya di pakai. Saya akan memberikan di mana saja tempat bersejarah yang ada di Provinsi Riau.

    1 . Rumah Riau Syucokan atau dulunya disebut Rumah Controller Belanda

    Rumah Controller Belanda atau saat ini di sebut Rumah Riau Syucokan merupakan tempat bersejarah yang ada di Provinsi Riau. Tempat bersejarah ini berada di Jalan Ir. H. Juanda nomor 34 kecamatan Senapelan. Rumah Controller Belanda ini di bangun pada tahun 1930. Rumah Controller Belanda ini merupakan peninggalan bangsa Belanda saat berada di Indonesia dan saat menjajah Indonesia.

    2 . Markas Besar Tentara Pejuang Fisabilillah

    Markas Besar Tentara Pejuang Fisabilillah merupakan sebuah surau atau mushalla yang berlokasi di jalan Senapelan kelurahan kampung bandar kota Pekanbaru. Surau ini dibangun pada tahun 1925 dan bangunan ini merupakan saksi bisu perjuangan tentara fisabilillah. Surau atau mushalla ini merupakan surau tertua yang ada di kota Pekanbaru. Saat ini surau atau mushalla Al-Irhash sudah melakukan dua kali renovasi. Surau ini juga menjadi tempat bersejarah yang ada di kota Pekanbaru.

    3 . Mimbar Masjid Raya Pekanbaru

    Mimbar Masjid Raya Pekanbaru merupakan mimbar yang terbuat dari kayu dengan menggunakan motif suluran saat ini berusia 124 tahun lebih. Mimbar ini dibuat pada masa kerajaan siak pemerintahan Sultan XII. Saat ini Mimbar Masjid Raya Pekanbaru masih terjaga dan terawat dan masih digunakan untuk Khatib Jum'at.

    4 . Taman Makam Pahlawan Kerja

    Taman Makam Pahlawan Kerja berada di jalan Kaharuddin Nasution kecamatan Bukit raya kelurahan Simpang tiga ini merupakan tempat yang menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata bersejarah yang ada di kota Pekanbaru. Tempat ini merupakan saksi bisu pembuatan atau pembangunan rel kereta api sejauh 220 KM. Rel kereta api ini di bangun atau di buat pada masa pemerintahan Jepang dengan menggunakan sistem kerja paksa atau yang disebut Romusha. Rel Kereta Api ini dikenal dengan jalur kereta api yang mematikan yang pada saat itu banyak korban pekerja Romusha.

    5 . Candi Muara Takus

    Candi Muara Takus berada di desa yang bernama Muara Takus Kabupaten Kampar. Candi Muara Takus menjadi tempat dan merupakan peninggalan yang bersejarah di kota Pekanbaru. Candi Muara Takus ini memiliki ukuran 74 X 74 Meter. Candi Muara Takus merupakan tempat wisata bersejarah yang banyak di kunjungi wisata wan baik dalam negeri maupun luar negeri.

    6 . Istana Siak Sri Indrapura

    Istana Siak Sri Indrapura merupakan kerajaan yang menjadi tempat bersejarah dan peninggalan bersejarah yang ada di kota Pekanbaru. Istana Siak Sri Indrapura merupakan salah satu kerajaan yang ada di kota Pekanbaru. Istana ini banyak di kunjungi wisatawan saat berlibur. Di dalam kerajaan Siak Sri Indrapura ini terdapat benda-benda peninggalan dan masih terjaga dan terawat dengan baik.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Bersejarah Di Daerah Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar