Tips Agar Tetap Semangat Kerja Ketika Motivasi Down

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apa anda yang anda lakukan jika semangat kerja anda menurun? Tentu saja banyak penyebab terjadinya semangat kerja seseorang menurun, salah satunya ketidakpuasan sesorang terhadap atasan dan perusahaan, serta lingkungan yang kurang menyenangkan bisa termasuk kedalam sebab semangat sesorang menurun dan termasuk juga kondisi ekonomi.

    Apa yang harus kita lakukan jika semangat kerja menurun? Jika membiarkan semangat kerja menurun akan mengakibat prestasi kita anjlok. Apa kita akan membiarkan sengat kerja kita menurun? Tentu tidak.

    Untuk itu kita hendak nya segera membangkitkan semangat untuk bekerja lagi, berikut ini beberapa langkah untuk membangkitkan semangat kita untuk bekerja lagi :

    1. Niat kerja

    Tentu kita telah banyak yang paham, bahwa kerja itu tentu memang mengharapkan gaji di setiap bulan nya. Akan tetapi untuk apa gaji itu? Tentu untuk menafkahi keluarga dan untuk lain-lain nya. Tentu ini menjadi kewajiban dan merupakan ibadah. Jadi intinya kerja itu ialah ibadah.

    Apabila niat ibadah, tentunya kita bekerja bukan untuk atasan, rekan kerja, dan untuk perusahaan. Karena semua itu hanyalah wasilah, akan tetapi sebenarnya kita bekerja untuk allah, dan ibadah untuk allah sehingga kita dapat berkerja dengan selayaknya. Mari kita luruskan niat kita untuk bekerja itu sebagai salah satu ibadah kita.

    1. Jangan biarkan keadaan menguasai kita

    Mood yang tidak membaik bisa membuat kita kehilangan semangat untuk bekerja atau gairah untuk kita melakukan sesuatu, tentu kita akan kewalahan sehingga merasa tidak sanggup untuk bekerja.

    Apabila kita berkuasa atas diri kita sendiri, kita bisa mengendalikan atau mengontrol mood kita untuk bekerja. Jadi jangan biarkan keadaan yang tidak baik itu mengusai kita dan mempengaruhi kita dalam bekerja.

    1. Kerjakan tugas yang ringan terlebih dahulu

    Tentu banyak pekerjaan yang harus kita bereskan, hal ini akan membuat kita tertekan dan semangat kita untuk bekerja mulai kurang.

    Solusi untuk hal ini ialah kita kerjakan tugas yang ringan terlebih dahulu, dan kumpulkan semangat yang berkurang tadi untuk bekerja. Apabila ada pekerjaan yang mendekati deadline atau mendesak maka kerjakan terlebih dahulu tugas tersebut dan fokus untuk mengerjakannya.Setelah itu kerjakan tugas-tugas yang ringan terlebih dahulu setelah itu baru lanjut ke tugas yang berat.

    1. Ingat tujuan

    Mengingat tujuan bisa menjadi salah satu cara untuk membangkitkan semangat kita untuk bekerja, kita akan termotivasi untuk lebih giat lagi dan tumbuh semangat untuk bekerja lagi, serta mendorong kita untuk mengejar kesuksesan yang belum dapat kita capai.

    Oleh karena itu, ingatlah tujuan yang akan kita capai, dan tentukan misi dan visi kita untuk bekerja, sehingga kita dapat mencapai tujuan kita dalam bekerja.

    1. Tetap berfikir positif

    Apa saja usaha yang akan kita lakukan pasti kita lebih cenderung berfikir negatif, hasil dari pekerjaan kita tidak maksimal karena gangguan dan pengaruh pikiran kita dalam bekerja.

    Agar dapat bekerja dengan baik, maka tetaplah berfikir positif meskipun banyak kondisi yang dialami. Hentikan menghakimi diri sendiri dan menyalahkan orang lain. Akan tetapi fokuslah untuk memperbaiki diri dan hal yang akan dilakukan untuk berikutnya.

    1. Menenangkan diri

    Tekanan kerja dapat membuat kita kewalahan, maka setelah kita bekerja seharian, ambillah waktu untuk dapat menenangkan diri, refresh otak.

    Karen penting untuk diri kita, agar menjadi tenang dan kita bisa rileks dalam bekerja dan bisa bekerja dengan semangat lagi.(Wini)                                                       

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Tetap Semangat Kerja Ketika Motivasi Down
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar