PKPU Taja Focus Group Discussin (FGD) dan Pelatihan guru se-Desa Sokop Kecamatan Rangsang

Daftar Isi

    Disela-sela liburan setelah melaksanakan Ujian Akhir Tingkat Sekolah Dasar, SDN 12 Desa Sokop bekerjasama dengan PKPU cabang Pekanbaru melaksanakan ‘Focus Group Discussion’ (FGD) dan Pelatihan Guru, Meranti, Ahad 29/5/2016.

    Puluhan guru yang berada di Desa Sokop menerima manfaat dari acara ini, mulai dari guru PAUD, TK, SD/MDA dan SMP yang ada di Desa Sokop. Mereka berkumpul di ruangan Gedung Sekolah SDN 12 Sokop untuk berpartisipasi dan  mengikuti pelatihan tersebut. Didatangkan Dosen dari Kabupatenn Kepulauan Meranti yakni H. Ahmad Fauzi S.Ag, sebagai pemateri, dalam  keseharian beliau adalah Dosen Agama di AMIK Selatpanjang.

    Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa, "paradigma pendidik dalam memberikan ilmu kepada yang di didik dalam hal ini antara guru dan muridnya memiliki hubungan yang sangat penting. Apa yang disampaikan Guru bukan semata-mata hanya materi dalam buku pelajaran saja, tapi harus ada muatan ilmu akidah akhlak di dalamnya, agar tercermin dalam amalan yang baik dan berkarakter. Itulah sebabnya kita kenal pepatah, “Guru kencing berdiri anak murid kencing berlari", imbuhnya.

    Sedangkan pada sesi lainnya, DR. Imam Ghazali. M.Pdi yang juga sebagai pemateri berpesan, “ilmu yang diajarkan haruslah bersumber dari rasa kesyukuran kepada Allah karena kita masih bisa memberikan ilmu walaupun sedikit, harus ada nilai keikhlasan dalam beramal,  karena rasa syukur dan ikhlas yang akan menciptakan suasana kelas menarik dan memberikan kenyamanan dalam belajar”, terang salah satu Dosen STAIN Bengkalis dan Dosen STKIP Meranti ini.

     

    Kepala Sekolah SDN 12 Sokop, Pak Sutisno sangat berterima kasih kepada pihak donatur PKPU yang telah membuat agenda tersebut. “Saya selama mengajar di Sokop ini, hampir 23 tahun, baru pertama kali ini membuat acara yang bisa mengembalikan semangat mendidik lagi bagi saya pribadi dan guru semuanya. Harapan saya akan ada agenda seperti ini berikutnya, agar bisa kami menyerap ilmu lebih baik lagi", ujar Kepsek SDN 12 Sokop saat menyampaikan kata sambutannya.

    Pak Udir sebagai Kepala Desa Sokop juga sangat mengapresiasi kepada pihak PKPU yang telah mendatangkan pemateri para Dosen yang sangat berkompeten dalam dunia pendidikan dan beliau sangat mengapresiasi juga akan mendukung setiap agenda positif yang diagendakan oleh PKPU di desanya, "sebagai mewakili masyarakat Desa Sokop saya sangat berharap PKPU bukan hanya memberikan pelatihan kepada guru saja tapi juga bisa mendatangkan guru ke desa kami dan membantu sekolah yang ada di desa kami, karena Desa Sokop ini sangat butuh perhatian dari banyak pihak", tuturnya.

    Peserta sangat antusias dalam mengikuti FGD tersebut, dari materi Paradigma Pendidikan dan sampai Pelatihan Guru dalam membuat kelas menarik, terlihat para guru sangat fokus mengikuti acara tersebut. Pak Supian sebagai Ustadz dan Kepala MDA Desa Sokop, juga merupakan salah satu peserta acara sangat senang mengikuti acara ini. "Saya sangat tertarik dengan semua pembahasan yang diberikan para pemateri, banyak ilmu baru yang saya peroleh untuk dipraktekkan nantinya", kesannya. Acara FGD dan pelatihan guru ini ditutup dengan makan bersama dan saling bermaaf-maafan menjelang ramadhan. (hyAzn/dsc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PKPU Taja Focus Group Discussin (FGD) dan Pelatihan guru se-Desa Sokop Kecamatan Rangsang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar