Festival Cian Cui di Selatpanjang, Tradisi Warga Tionghoa Perang Air Rayakan Hari Imlek

Daftar Isi

    Perang Air atau nama lainnya Cian Cui merupakan event festival yang ada di Kota Selatpanjang,  Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Festifal ini merupakan perayaan selama Hari Raya Imlek, dimana  mereka berkumpul di pinggiran jalan, para masyarakat melakukan Pesta Air dengan menggunakan becak motor keliling kota dan sebagaian juga ada berdiri di sepanjang jalan melempari yang datang dengan becak.

    Mereka saling berperang air dengan menggunakan senjata air mainan anak-anak, ada juga yang menggunakan ember, air kran, tak jarang juga ada yang menggunakan plastic dan balon yang sudah diisi dengan air di dalamnya sebagai senjata.

    Pada festival Cian Cui ini, masyarakat yang merayakan Hari Raya Imlek  mandi air sepanjang hari. Selama lebih kurang 6 hari berturut-turut mereka melakukan event Perang Air  yang mana masyarakat tionghoa menyebut dengan istilah festival Cian Cui. Festival Cian Cui diikuti oleh 1000 wisman dan 19000 wisnus, dan Festival Cian Cui diakhiri dengan pesta kembang api dan petasan yang sangat meriah sekali.

    Mengikuti Festival Cian Cui sepertinya seru untuk mengikat kebersamaan diantara masyarakat tionghoa yang ada. tak jarang juga dapat dilihat sebagian masyarakat yang lain menikmati festival Cian Cui sambil lalu. Ditambah dengan meriahnya suasana lingkungan yang dihiasi dengan hiasan lampu neon dan berbagai atribut hiasan Hari Raya Imlek .

    Festival Cian Cui tidak ada penentuan menang kalah diantara semua yang mengikuti, event ini untuk memeriahkan Hari Raya Imlek dan mempererat hubungan sesama dan menambah keseruan di Hari Raya Imlek. Maka jangan heran jika mendapati Kota Selatpanjang dipenuhi dengan plastik-plastik dan balom bekas Perang Air sepanjang jalan yang ada.

    Para Wisatawan dan pengunjung jika ingin menikmati bagaimana keseruan Festival Cian Cui maka mendatangi Kota Selatpanjang di saat Hari Raya Imlek adalah waktu yang tepat. Jika dilain waktu tentu wisatawan tidak akan menemukan event ini. Sepertinya seru untuk mengikuti festival ini, ditambah dengan pesta kembang api sebagai penutup Festival Cian Cui. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Festival Cian Cui di Selatpanjang, Tradisi Warga Tionghoa Perang Air Rayakan Hari Imlek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait