Bilik Tennas Efendi di Perpustakaan Soeman H.S Sepi Peminat

Daftar Isi

    Siapa yang tidak kenal budayawan kondang Alm H. Tenas Effendi, Tokoh Melayu Riau yang terkenal hingga ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Meskipun Tenas Effendi sudah meninggal dunia, Namun jasa-jasanya terhadap bumi Melayu ini tidak akan pernah hilang, termasuk karya-karya bukunya yang melegenda.

    Sejak diresmikan di lantai dasar Perpustakaan Daerah Provinsi Riau Soeman HS pada 15 Februari 2016 yang lalu Bilik Melayu Tenas Effendi tersebut yang memang di khususkan untuk meletakkan karya-karya melegenda, berupa buku-buku baik ciptaan Tenas Effendi maupun ciptaan penulis lain yang menceritakan dirinya, namun disayangkan minat membaca terhadap karya-karya kemelayuan Tenas Effendi tersebut minim peminat.

    Menurut Rasid Ahmad yang merupakan salah satu pengunjung setia Perpustakaan Daerah Soeman HS mengatakan bahwa mimimnya Peminat Untuk membaca buku-buku Kemelayuan  terkhusus buku karya H. Tenas Effendi tersebut dikarenakan arus globalisasi yang melanda generasi muda saat ini yang kurang diajarkan nilai-nilai kemelayuan, sehingga ketertarikan generasi muda untuk membaca yang berkaitan dengan budaya Melayu cenderung minim.

    "Generasi muda harus mengetahui bahwa Riau ada budayawan kondang seperti H. Tenas Effendi, meskipun telah meninggal dunia buku-bukunya yang tidak hanya berbicara mengenai Budaya saja namun juga berbicara mengenai sikap dan prilaku yang baik orang melayu, bisa menjadi solusi terhadap degradasi moral generasi muda" Ungkapnya

    Rasid juga mengatakan dalam bukunya yg berjudul Tunjuk Ajar adalah sebuah ajaran yang tersirat dan penuh makna. Pada buku itu mempunyai pedoman ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadist.

    "Pemikiran ini tentu sangat universal terhadap nilai-nilai  kehidupan manusia," tutupnya (tpn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bilik Tennas Efendi di Perpustakaan Soeman H.S Sepi Peminat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar