Rupiah Menguat di Awal Pekan, Berikut Faktor Pemicunya

Daftar Isi


     
    Foto: Uang kertas rupiah dan dolar AS. (VIVA/M Ali Wafa)


    Lancang Kuning – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan awal pekan ini, Senin, 4 Oktober 2021. Rupiah bergerak di kisaran bawah Rp14.300 per dolar AS pagi ini.

    Di pasar spot, hingga pukul 09.45 WIB rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.290 per dolar AS. menguat 0,12 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.307 per dolar AS.

    Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia terakhir berada di level Rp14.315 per dolar AS, menguat dari nilai tengah hari sebelumnya di level Rp14.321 per dolar AS.

    Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pergerakan ini dipicu oleh sentimen pelaku pasar terhadap perekonomian domestik, khususnya program pengampunan pajak.

    "Pasar merespons positif terhadap keseriusan Pemerintah yang akan kembali menggelar Program Pengampunan Pajak," kata dia dikutip dari analisisnya hari ini, dilansir LKC dari Viva.co.id


    Di sisi lain, kabar yang membuat sentimen positif pelaku pasar adalah ditemukannya obat antivirus pertama yang efektif melawan COVID-19 oleh perusahaan farmasi asal AS Merck & Co.

    Mengutip Tinjauan Ekonomi dan Pasar Harian Ekonom Bank Mandiri, kondisi itu diiringi imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun turun cukup signifikan ke posisi 1,465 persen setelah sebelumnya konsisten di atas 1,5 persen.

    Kondisi ini pun meredakan kondisi pasar keuangan domestik, tercermin dari imbal hasil SBN tenor 10 tahun turun menjadi 6,24 persen dan imbal hasil SBN global US$ 10 tahun menjadi 2,36 persen.

    "Perkembangan nilai tukar Rupiah dan imbal hasil SBN sangat dipengaruhi oleh sentimen global, terutama terkait dengan pergerakan imbal hasil UST," kata tim ekonom Bank Mandiri.

    Dengan berbagai perkembangan tersebut pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sepanjang hari ini diperkirakan mereka akan bergerak di kisaran interval Rp14.296-Rp14.365 per dolar AS. (LK)


    Artikel ini sudah ditayangkan viva.co.id dengan judul berita Rupiah Menguat di Awal Pekan, Berikut Faktor Pemicunya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rupiah Menguat di Awal Pekan, Berikut Faktor Pemicunya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar