Mau Cobain Taksi Terbang di Indonesia? Siapin Duit Segini

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi. (Istimewa)


    Lancang Kuning - Ada yang penasaran bagaimana rasanya naik taksi terbang? Anda bisa menjajal taksi terbang atau drone penumpang EHang 216 yang diperkirakan membutuhkan biaya di bawah Rp 1 juta untuk setengah jam perjalanan.

    Prestige Image Motorcars, perusahaan yang membawa kendaraan ini ke Indonesia menyatakan biaya tersebut akan dikonversi menjadi salah satu komponen tarif sewa ke konsumen. Mereka berencana menyewakan EHang sebagai moda transportasi baru untuk satu wilayah.

    Presiden Direktur Prestige, Rudy Salim mengatakan tarif sewa merupakan biaya pengisian baterai, mengingat EHang 216 merupakan kendaraan listrik murni, dan juga untuk penggantian komponen sekali perjalanan.

    Baterai EHang diketahui memiliki kapasitas untuk menempuh jarak 35-65 km dengan muatan maksimal 220 kg serta waktu terbang 21-40 menit. Sementara kecepatan maksimalnya 130 km per jam.

    "Ya listrik Rp 100 ribu, tapi ada komponen yang harus diganti. Sama seperti pesawat terbang setiap sekian ratus jam atau ribu jam diganti. Nah ini kalau dipukul rata mungkin setiap setengah jam tidak sampai 1 juta, dan itu akan dikonversi jadi tarif," kata Rudy baru-baru ini dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (11/9/2021).

    Selain disewa untuk satu kali perjalanan, Rudy menjelaskan pihaknya juga punya konsep lain, yakni sewa tahunan sebagai member. Sistem sewa ini sudah meliputi pilot yang mengendalikan EHang 216 dari daratan. Konsep sewa tahunan tersebut dibidik untuk pengusaha, figur publik, hingga kebutuhan instansi pemerintahan.

    "Jadi membership tahunan, dan pilotnya sudah sekalian," jelas dia, dilansir LKC dari detik.com

    Dia menjelaskan biaya sewa tahunan taksi terbang sangat terjangkau jika dibandingkan sewa helikopter.

    "Daripada beli helikopter, (belum) biaya pilot misalnya gaji. Ini sama sekali tidak usah bayar gaji pilot lagi. Cukup jadi membership, mau kemana tinggal diantar," ujar Rudy.

    EHang 216 diketahui memiliki delapan tangan dan 16 baling-baling. Kendaraan ini juga dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, kemudian lengannya bisa terlipat sehingga hanya membutuhkan lahan parkir seluas 5 meter. Dimensi kendaraan ini tingginya 1,7 meter dan lebar 5,6 meter. (LK) 

     

    Artikel ini sudah ditayangkan detik.com/CNN Indonesia dengan judul berita Mau Cobain Taksi Terbang di Indonesia? Siapin Duit Segini

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mau Cobain Taksi Terbang di Indonesia? Siapin Duit Segini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar