Konsep Web Service

Daftar Isi

    LancangKuning Pada masa sekarang, pengguna internet semakin banyak digunakan dikalangan masyarakat. Di tahun 2020 pengguna internet di Indonesia menembus angka 175,4 juta. Hal ini bertanda adanya kenaikan sebesar 17% atau 25 juta pengguna internet, dibanding dengan tahun sebelum nya. Kenaikan jumlah pengguna internet tidak terlalu mencengangkan.

    Sebab, kenaikan memang selalu ada di dalam setiap tahunnya. Apa lagi, di tengah pandemi pada saat ini, setiap orang baik muda atau pun tua, menjadi tanggap dan makin banyak yang menggunakan teknologi internet.

    Seperti saat ini, di tengah pandemi corona virus, internet semakin banyak digunakan tidak hanya untuk mengakses informasi atau hanya hiburan semata. Tapi, internet sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari hari dalam melakukan aktivitas yang dilakukan dari rumah, seperti belajar online, bekerja online, meeting online dan melakukan transaksi.

    Sejalan dengan adanya peningkatan jumlah pengguna internet. Maka, artinya ada peningkatan jumlah pengunjung yang mendatangi website. Semua laman website yang sudah terdaftar akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dari biasanya. Apalagi, jika website website yang mempunyai popularitas tinggi, tentu nya akan memperoleh jumlah pengunjung web yang semakin banyak.

    Meskipun, jumlah pengunjung semakin meningkat. Tapi, beban akses yang diterima oleh web semakin berat (overload), sehingga akan membuat kecepatan akses ke laman web semakin lambat. Bahkan bisa berkemungkinan website tidak bisa terbuka sama sekali atau error. Selain itu, berkemungkinan juga akan beresiko yaitu peretasan.

    Oleh sebab itu, setiap website harus ditingkatkan lagi kecepatan untuk mengakses, keamanan, dan introperabilitasnya. Dengan cara yaitu menggunakan Web Service.

    Apa itu Web Service?

    Sebelum kita mempelajari lebih jauh, sebaiknya kita harus tau apa itu Web Service

    Ada beberapa pengertian Web Service yaitu

    • Web Service ialah aplikasi web yang digunakan untuk pertukaran pesan atau informasi yang menggunakan system pesan XML berbasis internet untuk berinteraksi antara aplikasi ke aplikasi lainnya.
    • Web Service merupakan kumpulan protocol dan standard terbuka yang digunakan untuk bertukar data antara aplikasi atau system.
    • Web Service ialah metode atau cara komunikasi antar mesin ke mesin  lain nya yang menggunakan bahasa yang independen yang tidak terkait dengan system operasi dan bahasa pemrograman tertentu.

    Dari beberapa pengertian di atas, maka Web Service dapat disimpulkan sebagai berikut:

    Web Service ialah aplikasi yang tersedia melewati jaringan internet yang terdiri dari beberapa kumpulan protocol dan standard terbuka yang dibuat mempunyai system pertukaran pesan atau informasi berbasis XML untuk bertukar data antar perangkat ke perangkat lain dalam format klien-server.

    Secara independen, sekumpulan fungsi atau metode yang tersimpan pada server yang dapat dipanggil oleh klien lewat jarak jauh dengan menggunakan system operasi, aplikasi, dan bahasa pemrograman apapun.

    Teknologi pendukung Web Service

    Pada awalnya, Web Service terdiri dari empat teknologi pendukung, berikut penjelasan yang dibuat menjadi singkat:

    1. SOAP ( Simple Object Access Protocol)
    2. REST ( Representational State Transfer)
    3. WSDL (Web Service Definition Language)
    4. WDDX (Web Distributed Data Exchange)

    Cara kerja Web Service

    Ada beberapa cara kerja yang menjadi pendukung, seperti SOAP, REST, WSDL, WDDX dan protocol standard terbuka, contohnya HTTP, FTP, atau SMTP.

    Umumnya, pesan dari klien yang dikirim dalam bentuk format SOAP atau REST. SOAP dan REST diibaratkan seperti sebuah amplop yang dapat memuat pesan berupa dokumen XML yang ditransfer di dalam jaringan melewati protocol protocol standard semacam HTTP.

    Sedangkan, service atau respon dari server ke klien dapat direpresentasikan web service dengan format XML, JSON, HTML, CSS, JS, ataupun format lainnya.

    Keuntungan Web Service yaitu:

    • Web Service memiliki sifat interoperability sehingga dapat diakses dengan aplikasi berjalan pada platform yang berbeda-beda.
    • Web Service memakai standard dan protocol terbuka pada internet.
    • Web Service dapat memungkinkan fungsi pada banyak perangkat lunak di internet untuk disatukan mejadi satu Web Service baru.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Web Service
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar