Perbedaan Rest Api dan Web Service

Daftar Isi

    LancangKuning - Perbedaan diantara keduanya dimana Rest api adalah salah satu dari desain arsitektur yang terdapat di dalam api itu sendiri. Dengan cara kerja dari rest full api yaitu rest client akan melakukan akses pada data resource pada rest server dimana masing masing resource. Atau data tersebut akan di bedakan oleh sebuah global ID atau URIS. Nantinya data yang diberikan oleh rest service itu bisa berupa format text, JSN atau XML.

    Secara singkat rest api memungkinkan untuk membuat request ke system eksternal. Salah satu contohnya adalah twitter. Kita dapat menggunakan api twitter untuk request sejumlah tweet dari pengguna tertentu.

    Rest adalah singkatan dari representational state transfer atau transfer keadaan prestasi suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk pendistribusian sistem hipermedia seperti www.

    Web service adalah mekanisme komunikasi dua aplikasi mesin terlepas dari arsitektur dan teknologi. Service adalah aplikasi client-server atau komponen aplikasi untuk komunikasi. Ketahui jika tidak semua api di gunakan sebagai WCF, semua WCF menggunakan api

    Pada web service style yang digunakan hanya tiga yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi sedangkan untuk api dapat menggunakan style apa pun.

    Cara kerja web service adalah komunikasi antar mesin ke mesin lain yang menggunakan Bahasa independen yang tidak terikat dengan satu system operasi dan Bahasa pemrograman tertentu. Misalnya setiap java tidak hanya bisa berinteraksi dengan java. Tetapi, java dapat berbicara dengan phyton dan web service dapat memberikan interoperabilitas karena xml merupakan suatu format dokumen yang berbasis teks, maka web servicer memungkinkan berlangsungnya komunikasi antara aplikasi yang berbeda dengan platform yang berbeda pula dan dapat menghemat waktu dalam komunikasi antara aplikasi dengan service penyedia.

    Kelemahan

    Web service juga dapat saja memiliki kinerja yang lemah dibadingkan dengan pendekatan terdistribusi lainnya seperti RML, CORBA atau DCOM.

    Kelebihan web service

    1. Keuntungan penggunaan terbuka semua platform
    2. Mudah mengerti dan mudah men-debug.
    3. Dukungan interface yang stabil
    4. Mudah untuk menengahi pesan proses dan menambahkan nilai

    Cara membuat rest API dengan PHP mudah dan cepat

    1. Buat database dan table misal. Php Myadmin atau apa saja yang bisa dengan pakai
    2. Buat struktur file phpnya misalkan service anda ada di c:/xampp/htdocs/toko.
    3. Membuat file api isi file php
    4. Mencoba memanggil api yang kita pakai untuk url api

    Rest api bekerja menggunakan rest service dan rest client. Dan rest server berfungsi menyediakan data atau resource sedangkan rest client kemudian akan membuat HTTP request pada server dengan URLS atau global id.

    Fungsi web service adalah perangkat lunak yang penerima dan permintaan yang dikirim melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau dengan lebih umumnya dalam dokumen HTML web server ini berjalan pada server next.

    Jenis-jenis web service

    1. Soap web service
    2. Restful web service

    Kelebihan rest

    1. Mudah dipelajari tidak bergantung pada tools.
    2. Lebih sederhana simple untuk dikembangkan ketimbang soap.
    3. Bahasa dan platform
    4. Ringkas tidak membutuhkan layar pertukaran pesan

    Kekurangan rest api adalah keamanan kurang baik, karena rest api melewati bagian protocol HTTP dalam proses penggunaannya.

    Contoh penggunaan application programing interface yang menghubungkan dengan kode anda ke seluruh jajaran layar google, dari maps ke translater. Kekurangan rest api yaitu ke dalam kurang baik, karena rest api melewati penggunanya.

    Web service adalah fasilitas yang berfungsi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan sedangkan api adalah penghubung antara dua aplikasi yang berbeda untuk saling berkomunikasi. Ketahuilah jika tidak semua api di gunakan sebagai WCF namun semua wcp menggunakan api.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Rest Api dan Web Service
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar