Air Terjun Sungai Kopu, Wisata Kampar Yang Menakjubkan

Daftar Isi

    Air terjun sungai Kopu berada di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Di desa ini, terdapat sungai  bernama Sungai Kopu atau Kapur yang diapit dua tebing cadas nan terjal. Keindahan alam disini tidak kalah dengan keindahan wisata  di Sumatra barat dan sumatera utara. Sangat eksotis dan indah  sekali.  Sungai ini hulunya berada di Provinsi Sumatera Barat dan bermuara di Sungai Kampar, tepatnya di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu.

    Selain bisa menikmati air tejun yang ada, para wisatawan bisa  menikmati sungai yang mengalir sambil mengitara hutan yang ada. pemandangan hutan berbalut bebatuan purba dan tebing layaknya  grand canyon. Dari sela-sela tebing  muncul air memancar yang  membentuk air terjun dengan berbagai ukuran. Tidak hanya satu,  tebing-tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter  ini mengalirkan air terjun dengan jumlah yang cukup banyak.

    Baca JugaDanau PLTA Koto Panjang, Alam Indah Yang Penuh Petualangan

    Tebing dan bebatuan di sungai Kopu yang mengalirkan air terjun  ini memiliki bentuk yang unik. Masing-masing batu berbeda nama  dan legenda tersendiri. Ada batu kangkuong atau batu katak,  bebatuan ini memiliki bentuk menyerupai katak. Begitu juga batu  ladiong atau pedang karena fisiknya seperti  sebuah pedang.

    Air terjun sungai kopu memiliki banyak sumber air terjun dari  bebatuan yang ada, air terjun terbesar mengalir dari bebatuan  yang bernama batu hidung. Selain konturnya yang unik batu ini  terlihat sangat eksotis karena disisi kiri dan kanan batu dialiri air terjun yang tumpah dari atas tebing.  Aliran air ini pun  memiliki filosofi yang dipercaya oleh masyarakat di sana.

    Pada beberapa spot air terjun, pengunjung bisa berenang karena  tidak begitu dalam. Namun  tidak bisa berlama-lama karena airnya  sangat dingin sehingga akan cepat menggigil kedinginan.

    Wisata yang ini paling cocok untuk pecinta travelling yang  menantang. Karena untuk sampai ke sungai kapur, dibutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Pekanbaru. Perjalanan bisa  dimulai dari Pekanbaru menuju Desa Tanjung. Jarak desa ini  sekitar dua kilo meter dari komplek candi Muara Takus.  Untuk mencapai air terjun dari desa tanjung bisa dicapai dengan   kenderaan roda dua atau jalan kaki. Dengan berjalan kaki  dicapai dengan sekitar dua  setengah jam perjalanan. Sedangkan dengan   roda dua bisa ditempuh sekitar satu jam. Perahu tempel atau kayuh dapat digunakan setiap pengunjung yang hendak menuju tempat wisata ini. 

    suguhan alam yang begitu sangat mempesona dengan sungai yang  mengalir, bebatuan tebing, air terjun yang mengalir dan pesona  di kawasan ini membuat setiap wisatawan akan betah berlama-lama  di sini. Banyak wisatawan dari luar provinsi Riau banyak yang  berkunjung seperti dari Jakarta, Medan dan juga negara tetengga. Pengunjung kawasan ini hampir setiap hari dan jumlah wisatawan  setiap tahunnya bertambah. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Air Terjun Sungai Kopu, Wisata Kampar Yang Menakjubkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar