9 Jenis Pelukan dan Makna di Baliknya

Daftar Isi


    Foto: Beragam karakter orang, beragam pula cara mereka mengekspresikan diri. Pelukan jadi salah satu bentuk ekspresi diri.(iStockphoto/:chee gin tan)

     

    Lancang Kuning -- Beragam karakter orang, beragam pula cara mereka mengekspresikan diri. Pelukan jadi salah satu bentuk ekspresi diri.
    Di Indonesia, pelukan mungkin bukan cara mengekspresikan diri atau cara berkomunikasi yang umum karena hanya dilakukan pada orang terdekat atau pasangan. Namun bukan berarti Anda bakal memeluk pasangan dan teman dengan cara yang sama bukan?

    Bentuk pelukan ada beberapa macam. Tiap-tiap tipe menggambarkan relasi Anda dengan orang yang Anda peluk. Pun lewat cara berpelukan, Anda bisa menyampaikan dukungan tanpa perlu berkata-kata.


    1. Warm bear

    Bagaimana Anda memeluk teman baik setelah lama tidak berjumpa? Inilah yang disebut dengan pelukan 'warm bear'. Melansir dari Stylecraze, pelukan seperti ini begitu erat dan penuh kehangatan. Terselip rasa bahagia sekaligus segudang emosi dalam pelukan ini. Pelukan seperti ini juga seperti mengomunikasikan bahwa mereka yang Anda peluk benar-benar berarti dalam hidup dan menempati posisi penting di hati.

    2. Pelukan dari belakang

    Pelukan dari belakang lebih seperti sebuah kejutan dengan nuansa kejahilan. Bayangkan, Anda yang tengah sibuk melakukan sesuatu dipeluk dari belakang dengan erat oleh si dia. Namun pelukan ini akan meninggalkan rasa nyaman, aman dan amat dicintai.

    Melansir dari The Little Things, pelukan dari belakang juga disebut 'protector'. Orang yang memeluk Anda dari belakang menyediakan stabilitas dengan berperan sebagai pelindung.


    3. Berpelukan dan mengelus punggung

    Pelukan sembari mengelus punggung jadi cara untuk menenangkan dan membuat nyaman orang yang dipeluk. Saling mengelus punggung mengingatkan betapa ada kepedulian satu sama lain. Dalam bukunya, Success Signals, A Guide to Reading Body Language, Patti Wood menuliskan pelukan ini berkaitan dengan keterbukaan dan kerapuhan.

    "Punggung merupakan bagian tubuh yang sangat rapuh. Anda tidak bisa melihat punggung Anda, sehingga sentuhan di sana akan sangat mengejutkan," tulis Wood.

    4. Menepuk punggung


    Pelukan dengan nuansa persahabatan bisa ditunjukkan lewat tepukan di punggung. Tepukan di punggung pun menunjukkan bahwa orang ini nyaman dengan Anda dan sama sekali tidak ada 'bumbu' romansa maupun keintiman.

    Christopher Blazina, penulis 'The Secret Lives of Men', berkata pelukan dengan menepuk punggung jadi cara pria memeluk teman mereka dan ini sama sekali tidak romantis.

    "Ketika pria sering memeluk Anda seperti ini, itu artinya hubungan itu tidak akan berkembang," ujarnya.


    5. Merangkul pundak


    Rangkulan di pundak atau setengah memeluk umumnya dilakukan cepat. Melansir dari Brightside, biasanya dua orang akan duduk atau berdiri bersebelahan baru merangkul di pundak. Pelukan seperti ini digunakan untuk menunjukkan dukungan, memberikan semangat atau secara sederhana menunjukkan keakraban. Ini pun bisa dibawa ke arah yang romantis terlebih jika dilakukan di tempat umum seperti bioskop.

    6. Pelukan di pinggang

    Seorang pria yang memberikan pelukan di pinggang Anda secara tidak langsung sudah mengkomunikasikan yang ia rasakan buat Anda. Pelukan ini begitu intim dan mengkomunikasikan betapa dia tertarik pada Anda. Bukan tidak mungkin ia ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersama Anda.

    7. Pelukan sembari menyandarkan kepala


    Ada koneksi kuat, cinta dan kasih sayang saat berpelukan sembari menyandarkan kepala. Mungkin tidak ada obrolan berarti tetapi pelukan seperti ini cukup menggambarkan keinginan untuk bisa bersama. Ada rasa menghargai yang mendalam dan memuja satu sama lain. Jika relasi berjalan baik, Anda dan pasangan memang nyaman bersama.

    8. Slow dance


    Mungkin Anda sering melihat ini dalam film di mana dua bintang utama berdansa dalam tempo lambat. Tangan si pria di pinggang pasangan, sementara tangan si wanita di pundak pria. Keduanya saling tatap dan menumbuhkan romansa. Pelukan seperti ini tidak harus diiringi musik seperti di film tetapi wajib disertai dengan saling lempar senyum hingga berujung pada obrolan menyenangkan.


    9. London bridge

    Demi formalitas, Anda kadang terpaksa memeluk orang yang Anda temui. Pelukan 'London bridge' membentuk jarak dengan pelukan di bagian atas tubuh sementara bagian bawah tubuh cukup berjarak.

    Posisi seperti ini menunjukkan ketidaksepakatan atau ketidaknyamanan dalam suatu hubungan. 'London bridge' menunjukkan baik Anda maupun orang tersebut tidak ingin dekat satu sama lain. (LK)

     

    Artikel ini sudah ditayangkan CNN Indonesia.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 9 Jenis Pelukan dan Makna di Baliknya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar