3 Bahaya Pakai Make Up saat Olahraga

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi. Menggunakan make up saat berolahraga bukan pilihan yang baik. Ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan. (Istockphoto/ Drazen Zigic)


    Lancang Kuning - Di masa pandemi, olahraga jadi sesuatu yang membahagiakan. Banyak orang mengunggah aktivitas olahraganya di media sosial. Tak sedikit pula dari mereka yang tetap tampil cantik dengan make up saat berolahraga.

    Namun, perlu diingat, menggunakan make up tak disarankan saat berolahraga. Ada beberapa bahaya menggunakan make up saat berolahraga yang harus jadi pertimbangan.

    Berikut bahaya tampil dengan make up saat berolahraga, melansir Live Strong.


    Baca juga: Terapkan 3M, Plt. Wako Pariaman Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Dimasa Pandemi Covid-19

    1. Pori-pori tersumbat

    Ahli dermatologi Lucy Chen menjelaskan bahwa olahraga akan meningkatkan suhu tubuh. Hal ini akan diimbangi upaya tubuh untuk menurunkan suhu lewat keringat. Keringat dan minyak akan keluar lewat seluruh pori tubuh.

    Sekali terbuka, pori-pori akan mudah tersumbat oleh bakteri atau polutan yang sudah ada di permukaan kulit. Akibatnya, timbul iritasi dan kemerahan.

    "Menambahkan make up dalam formula ini bisa meningkatkan kemungkinan efek samping karena make up bisa membuat kulit lemas dan mengunci kelenjar keringat, menjebak kotoran dan iritasi lainnya dalam pori-pori," jelas Chen.

    Anda disarankan untuk membersihkan diri, baik wajah maupun badan, setelah berolahraga. Ahli dermatologi Joshua Zeichner menyarankan agar Anda melakukan double cleansing. Mulai dengan membersihkan make up menggunakan pembersih berbahan minyak, diikuti dengan pembersih berbahan dasar air.

    Baca juga: Waspada Fenomena La Nina

    2. Kulit rentan berjerawat

    Pori yang tersumbat akan diikuti dengan jerawat. Bakteri yang terjebak membuat pori yang tersumbat menginfeksi daerah lain di wajah. Tak hanya jerawat, komedo putih, komedo dan jerawat seperti kista pun akan timbul.

    "Dahi dan pipi mungkin lebih rentan berjerawat karena ada lebih banyak kelenjar minyak di sini. Jadi, jerawat dan radang kulit yang paling dikhawatirkan," ujar Chen.

    Berolahraga sebaiknya cukup menggunakan skincare seperti pelembap dan tabir surya. Pilih produk yang paling sesuai dengan jenis kulit. Pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan produk yang tidak mengandung pewangi. Sementara pemilik kulit berminyak disarankan menggunakan produk berbahan dasar air.

    3. Iritasi mata

    Mata dan kelopak mata merupakan bagian yang sensitif. Olahraga dengan make up yang menempel di area mata membuat kelenjar pada kelopak mata tersumbat sehingga timbul kemerahan dan kekeringan. Tanpa lubrikasi dari minyak alami yang cukup, air mata bisa cepat menguap lalu timbul iritasi.


    Selain itu, Anda juga bisa rentan terkena bintitan. Bintitan atau bintit timbul akibat infeksi yang berkembang pada folikel bulu mata atau kelenjar air mata. Bintit bisa timbul pada kelopak mata, di bawah kelopak mata, dan garis bulu mata.

    "Keringat dan panas dapat mengakibatkan eyeliner dan maskara masuk ke mata sehingga mengakibatkan iritasi. Jerawat juga bisa terjadi. Kelopak mata tipis, tapi sensitif dan iritasi di area tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman," jelas Chen. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 3 Bahaya Pakai Make Up saat Olahraga
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar