Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Maret 2021

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi 

    Lancang Kuning - Google menunda pembatasan panggilan video menggunakan layanan Google Meet. Pemilik akun Google bisa memakai Google Meet secara gratis dan tak terbatas waktu hingga Maret 2021.

    Pada awal tahun ini Google merespons kebutuhan panggilan video semasa pandemi Covid-19 dengan mengubah layanan Google Meet menjadi gratis dan tak terbatas waktu.

    Namun kemudian Google sempat mengatakan pengguna Google Meet gratis akan dibatasi, yakni tak akan lagi bisa melakukan panggilan video lebih dari 60 menit mulai 1 Oktober. Selain itu, Google juga memberikan akses ke fitur premium Hangouts Meet pada Maret, termasuk panggilan video 250 partisipan, dan juga kemampuan menyimpan rekaman video di Google Drive.

    Alasan Dibatalkan

    Menurut 9to5google.com, Google membatalkan pembatasan pada Selasa (29/9). Google menjelaskan alasannya karena melihat situasi pembatasan pergerakan masyarakat di kala pandemi Covid-19 menyambut musim libur pada penghujung 2020.

    "Saat kami menanti musim liburan dengan sedikit perjalanan dan pencapaian penting seperti reuni keluarga, rapat, dan pernikahan yang diselenggarakan melalui video, kami ingin terus membantu mereka yang mengandalkan Meet untuk tetap berhubungan selama beberapa bulan mendatang," kata Manajer Produk Google Meet, Samir Pradhan.

    Perpanjangan ini melegakan bagi mereka yang mengandalkan layanan selama pandemi Covid-19.

    Google terus memperbarui Google Meet tahun ini agar tetap kompetitif dengan layanan konferensi video lainnya seperti Zoom dengan menambahkan fitur seperti menampilkan video peserta panggilan video hingga 49 orang dan fitur memburamkan latar belakang.

    Tanggal 30 September juga menandai pelanggan gratis G Suite dan G Suite for Education akan kehilangan akses gratis ke beberapa fitur Google Meet berbayar. Mulai dari mengadakan rapat dengan maksimal 250 peserta dan kemampuan untuk menyimpan rekaman rapat ke Google Drive.

     

    Google Meet meluncurkan fitur baru noise cancellation untuk mengurangi suara bising di sekitar bagi penggunanya di Android dan iOS. Fitur tersebut sebelumnya sudah ada di desktop.

    Fitur ini sebelumnya sudah dijanjikan oleh Google sejak jauh-jauh hari. Fitur serupa sesungguhnya juga telah dihadirkan oleh Zoom. Kompetitor lainnya, Microsoft Teams, saat ini juga sedang menggarap fitur tersebut.

    Kendati demikian, fitur ini hanya bisa digunakan bagi pengguna G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education. Artinya fitur ini tidak akan tersedia untuk akun G Suite Basic, G Suite Business, dan G Suite for Education.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Google Meet Gratis Diperpanjang Sampai Maret 2021
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar