Daftar Isi

Kawah Ijen merupakan sebuah kawah di Gunung Ijen, gunung berapi yang aktif di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kawah Ijen sungguh wisata yang sangat terkenal di kalangan masyarakat, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan ada fenomena yang sangat unik di Kawah Ijen yaitu adanya api biru alami atau lebih dikenal dengan Blue Fire di gunung yang berketinggian 2.443 mpdl ini.

Rute ke Kawah Ijen dari Surabaya bisa melewati Pasuruan - Probolinggo - Situbondo atau melewati Pasuruan - Probolinggo - Lumajang - Jember - Bondowoso. Jika dari Bondowoso, petunjuk arah menuju ke lokasi sangat jelas dan jalan yang dilalui tidak terlalu menanjak seperti jika melewati jalur Banyuwangi, namun cenderung landai dan menurun. Sedangkan perjalanan dari Banyuwangi arahnya juga jelas dengan adanya petunjuk jalan menuju pos pendakian. Jalan menuju ke lokasi berupa jalan aspal menanjak yang berbelok-belok yang menyuguhi pemandangan hutan di sekitar.

Untuk sampai ke Kawah Ijen maka pendakian untuk menyaksikan Blue Fire ini tentulah harus dilakukan, biasanya pendakian dilakukan pada dini hari. Medan yang dilalui menanjak dengan trek berpasir lembut.  Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah bersifat asam yang ada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman sekitar 200 meter dan luas mencapai 5.466 Ha. Selain sunrise, fenomena api biru di Kawah Ijen menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Gunung Ijen karena api biru alami di dunia  ini hanya ada 2 yaitu di Islandia dan di Kawah Ijen, Indonesia. Sehingga termasuk wisata istimewa bukan ke Kawah Ijen demi menyaksikan fenomena Blue Fire ini.

Untuk melihat Blue Fire dari bibir kawah jalan membelok ke kiri. Jika lurus dan naik lagi, kita bisa melihat sunrise dan Kawah Ijen. Bahkan jika cuaca bagus akan tampak Gunung Raung dan kawasan Taman Nasional Baluran. Untuk turun menuju ke kawah harus turun melewati medan berbatu terjal sejauh kurang lebih 250 meter. Selain itu ada jalan turun untuk melihat Api Biru karena untuk mengambil gambarnya cukup sulit jika tidak mendekat, apalagi api biru hanya bisa dinikmati sebelum matahari terbit. Untuk turun ada jasa guide yang dilakukan oleh penambang belerang di sekitar puncak kawah.

Kawah Ijen ini juga merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa dan tentunya pemandangan yang dimilikinya sangat memukau, dan indah, siapa pun yang menyaksikannya Blue Fire di Kawah Ijen akan kagum dan terpesona dengan fenomena alam ini. Daya tarik utamanya dari objek wisata ini tentu saja api biru (Blue Fire). Api dengan warna biru di kawah Ijen yang akan terlihat semakin cantik saat kondisi di sekitarnya gelap. Keindahan Blue Fire membuat siapapun akan terlena dan terpukau, buktikan saja sendiri dengan melihat langsung keajaiban fenomena alam ini. (hyAzn)

Bagikan Artikel

data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pesona Kawah Ijen, Fenomena Blue Fire yang Sangat Menakjubkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur