9 Rahasia Bisnis yang Tidak Pernah Dibocorkan Pengusaha Sukses

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin kita pernah mengikuti seminar bisnis dengan para pengusaha sukses. Saat mengikuti seminar bisnis dengan pengusaha sukses, kita lebih banyak mendengarkan tips sukses yang mereka jalani.

    Mereka lebih banyak memaparkan yang enak-enak tentang bisnis yang mereka jalani, padahal dibalik kesuksesan mereka tersimpan ratusan masalah. Dan dari hambatan serta masalah tersebut mereka mampu mencari solusi yang bijak untuk kemajuan bisnisnya.

    Berikut kita kupas sembilan hal yang tidak pernah dibocorkan seorang pengusaha sukses.

    1. Ide bisni pertama terkadang bisa jadi gagal

    Dalam menjalankan usaha banyak godaan ide bisnis yang brilian, bahkan semuanya kita pengen mencobanya dan pengen menjalankan semua ide bisnis itu. Kita harus mampu memutuskan satu ide bisnis yang menurut kita paling mantap. Dalam menjalankan ide bisnis pertama biasanya kita banyak mendapati kendala dan tantangan. Setelah kita menjalankan ide bisnis pertama kita, maka kita akan merasa bisnis tersebut ada kelemahan, ada kekurangan, banyak tantangan dan kecil kemungkinan untuk sukses, serta sulit untuk menjadi besar. Alasan tersebut menggiring kita untuk mengganti dengan ide bisnis baru, dan menjadikan pelajaran berharga untuk mempercepat menggapai sukses terhadap ide bisnis yang baru.

    1.  Bisnis butuh kerja keras dan pengorbanan lebih dari yang kamu bayangkan

    Menjalankan bisnis tidak semudah seperti yang kita bayangkan dan tidak semulus yang kita rencanakan. Seandainya bisnis itu mulus dan mudah, maka persentase pengusaha pasti lebih besar dari pekerja. Untuk menjalankan bisnis yang sukses butuh dedikasi waktu, pengorbanan, tenaga, dan pikiran.

    1. Kamu akan mengorbankan banyak hal untuk membuat bisnis kamu sukses

    Bisa jadi waktu untuk bersantai anda akan terkuras. Diawal buka bisnis banyak hal yang harus kita korbankan sebagai seorang founder, seperto berkorban waktu untuk berkumpul dengan teman-teman, bahkan keluarga. Tidak luput juga pengorbanan tenaga dan pikiran yang menuntut kita harus bisa menyelesaikan masalah perusahaan 24 jam. Termasuk ancaman dari lingkungan keluarga dan masyarakat dapat menghambat kemajuan bisnis kita.

    1. Jika ingin sukses, berani aja tidak cukup, kita harus punya  potensi dan skill

    Dalam bisnis kamu jangan tergiur dengan tren bisnis, jika lagi tren bisnis batu akik, kamu ikut bisnis baru akik, sementara kamu tidak ada punya skill dalam menjalankan bisnis. Ironisnya bisnis tren ini juga memiliki sedikit potensi pasar karena kompetitor yang menjamur, sehingga menuntut kita harus lebih unik, lebih banyak skill dari yang lain. Fokus dan utamakanlah bisnis yang kamu memiliki skill terhadap bisnis tersebut, dan mempertimbangkan potensi pasar.

    1. Kita wajib menjadi pencoba pertama dari bisnis kita 

    Sebelum produk bisnis kita dijual kepada orang lain, kita wajib melakukan tester, bahkan berkali-kali untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan selera kita dan selera pasar. Ketika kita mencoba sendiri kita akan tahu apa yang harus kita perbaiki, apa yang akan kita tambah, apa yang akan kita kurangi, sehingga membuat nilai bisnis kita mungkin sempurna.  Produk yang kita jual adalah produk yang terjaga kualitasnya, karena kepuasan pelanggan hal utama, konsepnya pelanggan adalah raja.

    1. Wajib mencintai bisnis yang kita bangun

    Bisnis menyita banyak waktu anda, maka sebagai bisnismen kita harus enjoy, mencintai bisnis kita, tidak menjadikan waktu yang habis terkuras sebagai beban.  Sebaliknya jika bisnis yang anda jalani menjadi beban maka bisnis tersebut tidak akan maju.

    1. Tak semua orang bisa menjadi pelanggan kita, tidak semua orang cocok dengan bisnis kita

    Sebelum memulai bisnis kita sudah menentukan segmentasi pasar kita, apakah anak muda, orang tua, apakah ekonomi keatas atas atau sebaliknya. Jika bisnis yang kita jalani adalah coffee shop berarti pelanggan anda adalah orang-orang yang mencari tempat meeting, para pecinta kopi, orang yang ingin sendiri, dan lain sebagainya.

    1. Terkadang kita akan kehilangan teman-teman

    Dalam bisnis kita harus bisa menempatkan sesuatu sesuai porsinya dan sesuai pada tempatnya. Kita harus bisa membedakan antara kawan dan bisnis. Kita dituntut professional dalam berbisnis. Misal teman kita menawarkan diri untuk menjadi supplier di bisnis kita. Sebagai seorang owner kita harus tetap professional untuk memilih produk yang berkualitas dan harga pas.  Tidak tertutup kemungkinan cepat atau lambat akan terjadi perselisihan dalam bisnis. So… kita harus bisa menyikapi secara professional antara pertemanan dan bisnis.

    1. Harus belajar kata tidak dan harus selektif dalam mengambil tindakan

    Jangan hanya karena teman atau ada hubungan keluarga kita menjadikanya sebagai supplier, sementara produk yang mereka jual tidak berkualitas dan harga lebih mahal. Kita harus pintar-pintar dalam bisnis dan selektif dalam mengambil tindakan. Jika produk bagus, harga juga pas kita jadikan mereka pathner bisnis, sebaliknya kita harus berani berkata tidak.

    Itulah beberapa rahasia bisnis para pengusaha sukses dan dapat kamu terapkan untuk kamu yang ingin jadi pengusaha sukses. Semoga Bermanfaat.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 9 Rahasia Bisnis yang Tidak Pernah Dibocorkan Pengusaha Sukses
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar