Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Daftar Isi

    LancangKuning - Google Classroom adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk belajar secara online. Google Classroom tak banyak dikenal orang sebab masih sedikit orang yang memanfaatkannya untuk belajar secara online. Pada saat sekarang Google Classroom sudah menjadi aplikasi yang populer untuk melayani pembelajaran daring, karena banyaknya kebutuhan masyarakat akan kegiatan belajar online tersebut.

    Google Classroom yaitu sebuah layanan yang dibuat oleh Google untuk sekolah, atau untuk berkegiatan bersama dan setiap orang yang mempunyai akun Google atau Gmail.  

    Kelebihan Google Classroom

    1. Sangat mobile Friendly untuk pemula

    Kelebihan yang pertama adalah sangat mobile friendly untuk pemula, maksudnya orang yang baru pertama menggunakan Google Classroom pasti tidak akan mengalami kesulitan saat mengoperasikanya. Google sendiri sangat memperhatikan akan kenyamanan penggunanya. Maka Google Classroom didesain dengan sederhana akan tetapi banyak fitur. Maka wajar jika orang yang baru mengenal aplikasi ini langsung bisa menggunakannya.

    1. Mudah mengelola tugas yang diberikan

    Selain mudah digunakan ada fitur lain di Google Classroom dimana kita saat diberikan tugas oleh guru atau admin kelas kita, maka dengan mudah kita bisa melihatnya pada satu halaman yang menyediakan laman tugas. Dengan begitu kita tidak usah repot-repot lagi mencari apa tugas yang telah diberikan oleh admin atau guru. Maka layak jika Google Classroom menjadi aplikasi alternatif belajar secara online atau daring. Google Classroom telah membuat mudah baik itu untuk siswa atau guru.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Semua file masuk ke Google Drive kita

    Kelebihan Google Classroom ketiga adalah semua bentuk file baik itu mp4,mp3, doc, pdf,zip dan masih banyak lagi. Semua itu otomatis masuk ke akun Google Drive kita sehingga kita tidak usah mencari penyimpanan yang lain untuk menyimpan file yang telah kita upload. Maka tidak usah khawatir akan kehilangan file ataupun dokumen yang lainnya. Itu semua sudah tersimpan di Google Drive.

    1. Mudah meninjau tugas sebelum dikirim

    Meninjau tugas sangat diperlukan, karena kita bisa melihat kesalahan atau kekurangan apa yang masih ada di tugas yang akan kita kirim. Maka Google Classroom menyediakan fitur melihat tugas sebelum dikirim. Seharusnya setiap aplikasi belajar harus memberikan fitur seperti milik Google Classroom tersebut untuk memudahkan dalam peninjauan tugas kita.

    1. Sangat mudah melihat pengumuman dari pengajar

    Pengumuman dalam Google Classroom dimaksudkan agar para pengajar bisa memberikan informasi baik itu absensi, tugas, foto siswa atau pengumuman yang bersifat penting lainnya. Sehingga mempermudah guru dalam mengirimkan tugas di dalam laman Google Classroom tersebut. Tidak usah repot lagi mengirim pengumuman lewat sms atau pesan daring lagi.

    Kelebihan dalam hal pengumuman juga didukung oleh kemudahan dalam hal diskusi. Karena Google Classroom menyediakan ruang diskusi di kolom komentar sehingga kita bisa berdiskusi dan bebas mengirim file untuk didiskusikan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Bebas dari iklan dan aman

    Kelebihan yang bisa kita rasakan saat menggunakan GC (Google Classroom) ini adalah semua kegiatan yang kita lakukan tidak akan diganggu dengan penayangan iklan. Sehingga kita lebih fokus dalam belajar dan berdiskusi di Google Classroom. Tanpa harus resah dengan banyaknya iklan yang tampil. Semua iklan baik itu iklan berbayar ataupun tidak, semua tidak ada di Google Classroom.

    1. Tersedia secara gratis 100%

    Dari kebanyakan aplikasi yang dapat kita unduh secara gratis, maka kamu akan menemukan aplikasi Google Classroom yang tersedia secara gratis baik itu di playstore ataupun app store. Kita bisa bebas mendownloadnya kapanpun serta lebih efisien. Google Classroom adalah aplikasi yang 100% gratis tanpa harus membayar dulu baru bisa menggunakannya.

    Kekurangan Google Classroom

    1. Tampilan yang kurang menarik bagi siswa

    Kekurangan Google Classroom adalah tampilannya kurang menarik. Hanya menampilkan beberapa pilihan gambar dan itu hanya berupa gambar cartoon. Classroom sebaiknya memberikan sebuah gambar bagi kelas untuk lebih menarik lagi supaya siswa yang belajar di Google Classroom tidak merasa bosan. Dengan tampilan yang apa adanya, mungkin bagi sebagian orang tidak masalah akan tetapi bagi mereka yang menyukai sebuah keindahan maka itu diperlukan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Saat Google Drive Penuh file tidak bisa dikirim

    Kekurangan dan kelemahan Google Classroom yang sangat terlihat  adalah dimana kalau Google Drive yang kita miliki penuh maka file atau dokumen yang kita kirim ke pengajar menjadi eror dan tidak terkirim. Ini sangat menggangu sekali bagi seorang siswa dan mengakibatkan dia harus membeli drive baru atau menginstall penyimpanan awan atau cloud storage yang baru. Kemudian dihubungkan ke Google Classroom terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Classrom tersebut supaya bisa digunakan.

    1. Waktu pengiriman masih bisa diatur

    Yang selanjutnya kekurangannya adalah apabila kita ingin mengirim file ke Google Classroom kita bisa mengatur waktu pengirimannya. Maksudnya, apabila kita terlambat mengirim file kita bisa mengundurkan waktu di smartphone kita sehari supaya kita bisa menyerahkan file kita. Yang semula tidak bisa diserahkan karena terlambat.

    Kesimpulan

    Google Classroom layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan dalam belajar lewat daring. Baik membuat kelas ataupun berdiskusi secara online. Serta membuat kita menjadi efisien. Ada beberapa keunggulan dan kelemahan.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    20%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    20%

    Marah

    20%

    Komentar