Masya Allah, Cahaya Masjid Istiqlal Berkilau Sambut Tahun Baru Islam

Daftar Isi


    Foto: Cahaya Masjid Istiqlal usai renovasi besar. (Viva) 

     

    Lancang Kuning – Dalam menyambut tahun baru Islam 1442 Hijriah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan proyek renovasi Masjid Istiqlal selesai pengerjaannya. Masjid negara ini pun siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan dipakai oleh umat Muslim di Tanah Air.

    Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danis H Sumadilaga, mengatakan, proyek renovasi Masjid Istiqlal saat ini telah rampung keseluruhan, sehingga statusnya sebenarnya sudah bisa dipindahtangankan ke pihak pengelola masjid.

    Danis mengungkapkan, renovasi Masjid Istiqlal telah dilakukan selama 420 hari lebih, atau dimulai sejak Mei 2019. Masjid ini pun baru pertama kali direnovasi secara besar-besaran sejak 42 tahun lamanya berdiri atau sejak 1978.


    “Masjid ini belum pernah direnovasi besar sejak 42 tahun yang lalu. Memang keadaan beberapa waktu lalu Masjid Istiqlal kurang rapi dan perlu dilakukan perbaikan atas perintah Presiden Joko Widodo,” tutur Danis saat wawancara bersama VIVA.co.id.

    Ia menuturkan, proyek renovasi Masjid Istiqlal ini dibagi menjadi dua bagian yaitu perbaikan dalam masjid yang merupakan bangunan cagar budaya dan perbaikan luar kawasan masjid yang terbagi atas kawasan parkir dan taman masjid.

    Untuk bagian luar masjid, Danis menuturkan, pihaknya meningkatkan perbaikan lanskap, yaitu menambah pohon, penataan sungai dan perbaikan plaza untuk kegiatan seni budaya. Selain itu, pada bagian luar ditingkatkan lokasi penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan basement parkir.


    “Untuk basement parkir dibuat dua lantai yang dapat menampung 400 kendaraan. Lalu, ada juga bangunan tempat penitipan sepatu. Diharapkan ini bisa menjadi kawasan wisata religi di Ibu Kota,” jelasnya.

    Sementara itu, untuk bagian dalam masjid, Danis mengatakan, pihaknya melakukan peningkatan pada cahaya di ruang utama salat dan pembangunan lift baru untuk difable. Semua fasilitas itu diharapkan membuat ibadah jemaah menjadi lebih baik.

    “Jika melihat keseluruhan renovasi, peningkatan yang paling berkesan ada pada ruang salat utama, karena berbeda dan adem. Nilai proyek ini secara total mencapai Rp475 miliar, dan belum termasuk rencana pembangunan terowongan silaturahmi,” ujarnya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masya Allah, Cahaya Masjid Istiqlal Berkilau Sambut Tahun Baru Islam
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar