Macam Jurusan di Dunia Desain Serta Perbedaannya

Daftar Isi

    LancangKuning - Siapa disini yang tertarik dengan jurusan di dunia desain? Apa kalian sudah tahu jurusan desain apa yang tepat untuk kalian? atau masih ada yang bingung dengan jurusan desain ? Untuk memilih jurusan perkuliahan, sebaiknya kalian harus mencari tahu lebih banyak tentang jurusan – jurusan yang akan kalian pilih secara tepat, agar kalian tidak salah memilih jurusan nantinya, dan akan menyesal di kemudian hari. Pada pembahasan ini saya akan membahas yang berhubungan dengan macam – macam jurusan di dunia desain serta apa perbedaaan dari setiap dunia desain.

    Apakah kalian cuma mikir kuliah desain cuma menggambar aja? Jawabannya adalah tidak cuma menggambar aja loh !. Kuliah desain tidak hanya mengajarkan keterampilan tenknik menggambar, tapi juga metode dasar dalam menyelesaikan masalah, kemampuan menganalisa dan berfikir secara kritis. Jurusan desain menjadi salah satu jurusan yang banyak menarik minat calon mahasiswa.

    Ada beberapa jurusan di dunia desain seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Fashion. Namun sayangnya tidak sedikit para calon mahasiswa baru yang kebingungan dalam memilih jurusan tersebut. Baiklah mari kita membahas jurusan yang ada di dunia desain dan apa saja perbedaannya. Jangan sampai salah memilih karena tidak memiliki pemahaman yang baik. Yuk, simak ulasan perbedaannya di bawah ini.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Desain Komunikasi Visual

    Desain Komunikasi Visual sering di sebut oleh para mahasiswa dengan jurusan DKV karena lebih mudah di baca. DKV ini menggeluti bidang desainer grafis, desainer website, animator, illustrator atau komikus. Di jurusan DKV ini kamu akan mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan komunikasi, seperti bagaimana menyampaikan pesan kepada orang lain dalam bentuk visual.

    Di jurusan ini banyak materi yang menarik yang akan di pelajari, seperti desain grafis, animasi, ilustrasi, fotografi, dan lainnya. Seorang desainer visual akan menghasilkan desain yang unik dan sangat indah, serta dapat menjelaskan konsep dari desain yang mereka buat. Universitas yang memiliki jurusan DKV, antara lain Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, BINUS, Institut Kesenian Jakarta, dan lainnya.

    1. Desain Interior

    Jika kalian mau menjadi desainer interior, kalian bisa ambil Jurusan Desain interior dimana kamu akan mempelajari tentang perancangan ruang beserta tata letaknya dalam suatu bangunan. Tujuan umum dari perancangan interior bukan hanya memaksimalkan fungsi ruangan tetapi juga membuat penghuni merasa nyaman.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Jurusan ini berkaitan dengan seni dan estetika, jadi kalian harus kreatif, bisa berkomomunikasi yang baik, bisa bekerjasama dalam tim, dan memiliki rasa percaya diri. Seorang desainer interior juga harus melakukan project research untuk mencari bahan – bahan yang akan digunakan secara tepat dalam mengisi suatu ruangan.  Universitas yang memiliki jurusan ini antara lain Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Kesenian Jakarta, dan lainnya.

    1. Desain Produk

    Di dalam jurusan desain produk kalian akan mempelajari bagaimana merencanakan dan merancang produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Di  jurusan ini kalian tidak hanya memfokuskan pada estetika produk saja, tetapi kalian juga harus mengetahui nilai kegunaan dari produk. Kalian akan dituntut harus kreatif dan inovatif termasuk dalam membuat produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada masyarakat.

    Produk yang kalian rancang akan di buat dam bentuk nyata dan bisa di pasarkan. Prospek kerja di jurusan ini antara lain desainer produk wirausaha, desainer produk industry, dan penelitian (riset) desain produk. Universitas yang memiliki jurusan ini antara lain Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Teknologi Bandung, dan lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Desain Fashion

    Buat kalian yang suka dengan fashion dan ingin menjadi fashion desainer, kalian bisa ambil jurusan desain fashion. Di jurusan ini kalian mempelajari seluk beluk dunia fashion, mulai dari tren terkini, cara merancang, cara memasarkan produk fashion, hingga menggunakan teknologi untuk menyelesaikan hasil karyamu.

    Pelajaran utama yang akan di pelajari mahasiswa di jurusan ini, yaitu membuat sketsa produk desain, menggunakan teknologi untuk membuat rancangan, kreatifitas dalam memilih bahan, warna, dan bentuk, serta cermat dalam segala jenis detail karyanya. Universitas yang memiliki  jurusan ini antara lain Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Denpansar, ESMOD, LaSalle Cpllage Internasional Jakarta, dan lainnya.

    Prospek kerja dari lulusan desain juga sebagai art atau creative director yang biasanya membawahi beberapa bidang, seperti illustrator artist, grapihc designer, phtograper, fashion stylist, dan lainnya. Kira – kira seperti itu gambaran mengenai macam jurusan di dunia desain dan perbedaannya. Sampai jumpa di artikel lainnya.(Diandri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam Jurusan di Dunia Desain Serta Perbedaannya
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar