Di India, Dewa Bisa Sakit dan Mengisolasi Diri

Daftar Isi

    Foto: Simbolisasi tiga Dewa bersaudara di India (Getty Images)

    Lancang Kuning - Selain punya Dewi Corona, umat Hindu India juga punya tiga Dewa bersaudara yang tak kalah unik. Mereka disebut bisa sakit dan mengisolasi diri.

    Masyarakat India di Kota Puri di Odisha selalu memiliki jadwal yang padat. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Minggu (26/7/2020), padatnya kegiatan mereka pun tak lepas dari kegiatan pemujaan Dewa dan Dewi mereka.

    Baca Juga: Bikin Kaget, Ternyata ada 'Surat Sakti' Djoko Tjandra

    Di Kuil Shri Jagannath misalnya, setiap tahun masyarakat di sana larut dalam kegiatan menyembah tiga Dewa bersaudara Jagannath, Balabhadra dan Subhadra. Menariknya, ketiga Dewa bersaudara ini tak ubahnya manusia.

    Setiap bulan Juni, ketiga Dewa itu pun disebut harus mengisolasi diri dan mengambil cuti sakit. Hal itu rutin dilakukan ketiga Dewa bersaudara tersebut untuk menyucikan diri seperti diberitakan Atlas Obscura.

    Baca Juga: Madi Pribadi, Mantan Suami Omas Meninggal Dunia

    "Lima belas hari sebelum festival, ketiga Dewa tengah dikarantina karena tak enak badan," ujar Kirti Prakash Das Mahaputra, salah satu pemuja Dewa Jagannath di India.

    Dikisahkan, momen mengisolasi diri mereka dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan Festival Rath Yatra yang disimbolkan dengan sosok raksasa ketiganya yang berukuran 45 kaki (13,7 meter). Pada momen spesial itu, ketiga Dewa tersebut akan dibuat diorama raksasa seperti Ogoh-ogoh dan diarak keliling kota.

    Baca Juga: Lupa Tutup Jendela Hotel, Pasangan Lagi 'Gituan' Jadi Tontonan Warga

    "Jagannath seperti kita, manusia. Ini adalah tugas kami untuk menjaga sang Dewa yang sakit. Kami memberi mereka makanan, obat dan minuman, seperti apa yang kami lakukan pada orang yang sakit," ujarnya. 

    Hanya akibat COVID-19 yang tengah terjadi, tahun ini festival tersebut harus dibatasi akibat lockdown. Kuil-kuil pun mendadak sunyi, tapi sejumlah pemuka agamanya tetap menjalankan ritual penting terkait tiga Dewa tersebut yang menimbulkan penyakit, isolasi dan kebangkitan kembali.

    Baca Juga: Hubungan Iran dan Israel Memanas, Perang di Depan Mata

    "Biasanya ada ribuan orang yang datang menghadiri ritual pemandian, tapi tahun ini hanya sedikit umat yang datang," ujar Mahaputra.

    Wah, unik sekali ya. Sekiranya pesan yang bisa diambil adalah untuk kita agar selalu menjaga diri, khususnya di saat sakit. Bahkan Dewa pun tak lepas dari penyakit. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Di India, Dewa Bisa Sakit dan Mengisolasi Diri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar