Candi Muara Takus, Jejak Peninggalan Sejarah Di Bumi Lancang Kuning

Daftar Isi

    Candi Muara Takus adalah candi agama Budha yang terletak di Desa Muara Takus Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar. Candi ini merupakan jejak peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatra dan merupakan candi tertua di Sumatra. Candi Muara Takus juga merupakan satu-satunya candi yang ada di Riau.

    Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, yang terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok ± 80 cm, di luar arealnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampal ke pinggir Sungai Kampar Kanan. Di dalam kompleks ini terdapat beberapa bangunan candi yang disebut dengan Candi sulung /tua, Candi Bungsu, Mahligai Stupa dan Palangka.

    Candi Tua merupakan bangunan candi yang terbesar di antara candi-candi tersebut. Candi Tua ini berukuran 32,80 m x 21,80 m. Letaknya di sebelah utara Candi Bungsu dan terdapat tangga Pada sisi sebelah timur dan barat karena bangunannya yang cukup tinggi.

    Sangat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung untuk melihat megah dan indahnya candi muara takus. Selain untuk berwisata, para wisatawan juga menggali informasi sejarah candi muara takus sebagai peninggalan agama Budha di Sumatra, khususnya di Riau.

    Sumber : Dari berbagai sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Candi Muara Takus, Jejak Peninggalan Sejarah Di Bumi Lancang Kuning
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait