China-India Memanas, Xiaomi Ganti Logo

Daftar Isi


    Foto: Toko Xiaomi di India ganti logo

    Lancang Kuning – Ketegangan antara China dan India, membuat pabrikan ponsel Xiaomi terpaksa mengganti logo mereka menjadi 'Made in India' di negeri Bollywood. Khawatir akan adanya vandalisme, merek Xiaomi di toko kemudian disembunyikan.

    Dilansir dari laman Economic Times, Senin, 29 Juni 2020, All India Mobile Retailer Association (AIMRA) telah memberi peringatan kepada merek China mengenai ancaman vandalisme di toko offline, di tengah-tengah seruan boikot produk China.

    Baca Juga: Asrama Polisi Terbakar di Aceh Utara, Ini Penyebabnya

    "Dalam surat kami telah meminta merek untuk memberi tahu pengecer menutupi merek atau logo dengan kain, atau menghapus papan dari etalase selama beberapa bulan mengingat situasi yang memanas ini," ujar Presiden AIMRA, Arvinder Khurana.

    Menurutnya, Xiaomi telah mulai melakukan seruannya. Sementara, perusahaan lain belum mengambil langkah serupa, namun tetap mengawasi situasi saat ini.

    Baca Juga: Tiga Pelaku Pengendar Uang Palsu Hampir Setengah Miliar Berhasil Diamankan

    Khurana mengatakan, beberapa aktivis anti-sosial telah mengunjungi pasar di negara bagian dan mengancam akan merusak toko ponsel dan meminta mereka menghapus merek asal China dari toko.

    "Ini bisa menjadi ancaman keselamatan pengecer, jika situasinya semakin parah. Kerusakan pada papan yang menampilkan merek asal China, seharusnya bukan menjadi tanggung jawab pengecer," tambahnya.

    Baca Juga: Berdalih Bisa Sembuhkan Jerawat dan Keputihan, Dukun Ini Sudah 9 Kali Cabuli Remaja

    Sentimen ini juga berpengaruh pada penjualan. Pelanggan tidak ingin ditunjukkan produk China, dan Samsung mendapat manfaat sebagai satu-satunya merek non-China di India.

    Baca Juga: Jokowi Ancam Reshuffle, Ini Komentar Fadli Zon

    Menurutnya, ini jadi momentum yang tepat untuk memperkuat merek India dengan promosi. Pemerintah bisa memberi dukungan tambahan, seperti yang dilakukan pemerintah negara Tirai Bambu ke perusahaan di negaranya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel China-India Memanas, Xiaomi Ganti Logo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar