Pelabuhan Teluk Bayur, Wisata Ekonomi terbesar dan bersejarah di Kota Padang Sumbar

Daftar Isi

    Wisata sumatera barat tidak terpatut hanya pada laut pantai dan gunung. Namun suasana alam pun menjadi wisata yang menarik di Sumatera Barat. Tak terkecuali pelabuhan yang ada di Sumbar. Salah satu pelabuhan yang terbesar dan bersejarah adalah pelabuhan teluk bayur dan tak kalah penting, pelabuhan teluk bayur juga merupakan pelabuhan tertua di Sumbar. Pelabuhan teluk bayur adalah pelabuhan yang sangat mempunyai andil besar bagi Sumbar sebagai haluan perjalanan dan kesuksesan perdagangan ekspor dan impor. 

     

    Pelabuhan teluk bayur dibangun pada tahun 1888-1893 oleh Belanda. Dahulu pada mulanya pelabuhan teluk bayur bernama Emmahaven (pelabuhan Emma). Yang mana nama ini merujuk pada Ratu Emma. Seiring berjalan waktu, nama pelabuhan ini menjadi pelabuhan teluk bayur, sesuai dengan lokasi pelabuhan ini berada. Jika kita pernah mendengar lagu teluk bayur maka dari sinilah lagu itu berasal. Tak ada salahnya menjadikan pelabuhan teluk bayur menjadi salah satu tempat wisata sembari nostalgia lagu teluk bayur. 

     

    Pelabuhan teluk bayur adalah pelabuhan yang teramai dan terbesar. Berlokasi di pantai barat pulau Sumatera. Dikunjungi oleh kapal antar Samudera dan antar pulau yang singgah di teluk bayur. Maka tidak heran teluk ini menjadi urat nadi yang sangat penting bagi Sumatera Barat. Di pelabuhan ini juga terdapat jalur kereta ke pelabuhan teluk bayurm kira-kira 5km di selatan pusat kota Padang. 

     

    Pada pengembangan pelabuhan teluk bayur ini akan memberikan dua keuntungan bagi Sumbar. Yang mana kondisi ini akan memperkuat kelancaran barang dari Jawa ke Sumbar. Dan yang kedua kawasan Sumatera Tengah bisa lebih berkembang. PT Pelindo sebagai pengelola sudah menetapkan Pelabuhan Teluk Bayur menjadi Pelabuhan Kelas Satu, dengan sertifikat ISO 9002. 

     

    Berbagai fasilitas telah disediakan terutama untuk industri seperti pupuk, semen batu bara dan minyak sawit. Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung juga telah disediakan area terminal agar wisatawan yang ingin berkunjung pun bisa menikmati keindahan pelabuhan teluk bayur. Area terminal penumpang seluas 1608 meter persegi. Pelabuhan Teluk Bayur beralamat di Jl.Semarang No.3 Teluk Bayur, Padang 25217. (hyAzn)

     

    Sumber : dari berbagai sumber 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pelabuhan Teluk Bayur, Wisata Ekonomi terbesar dan bersejarah di Kota Padang Sumbar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar