Kawal Habib Bahar, Kedok Panglima Kumbang Kembali Dibongkar

Daftar Isi

     
    Foto: Habib Bahar bin Smith bersama Udin Balok. (Twitter)

    Lancang Kuning – Dibebaskannya Habib Bahar bin Smith sebelum akhirnya kembali ditahan ikut menyeret nama Panglima Kumbang. Ya, pria dengan penuh tatto menjadi pusat perhatian selain sosok Habib Bahar tentunya. Tak lama, kedok Panglima Kumbang aka Udin Balok ini kembali dibongkar.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Seperti yang telah menjadi rahasia umum, Panglima Kumbang dikenal sebagai sosok mistis orang Dayak. Dan tentunya sangat disegani. Yang menjadi masalah, masyarakat adat Dayak tak mengakui Udin Balok sebagai Panglima Kumbang. Dengan kata lain palsu atau KW.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Kedekatannya dengan Habib Bahar kembali mengangkat nama Udin Balok. Memang bukan hal baru jika pria berambut gondrong ini mengklaim sebagai Panglima Kumbang. Namun segar dalam ingatan, beberapa kali masyarakat Dayak di Kalimantan memberikan bantahan.

    Baca Juga: Selamat dari Maut, Begini Cerita Korban Pesawat Jatuh

    Terakhir, tepatnya pada Oktober 2019 lalu, Biro Hukum Dewan Adat Dayak (DAD) bahkan mengeluarkan pernyataan resmi yang meminta Udin Balok meminta maaf karena mengaku-ngaku sebagai Panglima Kumbang. Bahkan, Panglima Kumbang KW ini sempat diundang beberapa stasiun televisi.

    Baca Juga: Ini Dalang Penikaman dan Penyandera Kapolsek Pelepat Jambi

    Tak hanya Udin Balok, saat itu DAD juga meminta orang yang mengaku sebagai Panglima Burung. Kebetulan Panglima Burung dan Panglima Kumbang menjadi dua nama yang sangat sakral di Kalimantan. Bahkan tak sedikit dianggap mistis.

    “Kedua orang ini yang selalu membawa-bawa nama Dayak di mana-mana, dan mengaku sebagai Panglima Dayak. Setelah kami telusuri bahwa mereka ini bukan orang Dayak, dan tidak ada darah keturunan Dayak,” tulis pernyataan resmi Biro Hukum DAD Kalimantan Tengah, saat itu, seperti dilansir dari Viva.

    Menariknya, saat itu Udin Balok juga dengan status sebagai orang dekat Habib Bahar setelah foto keduanya beredar luar. Tak hanya itu, Hotman Paris Hutapea juga ikut mendeklarasikan Udin Balok sebagai Panglima Kumbang saat kedua foto bersama.

    Tak hanya Dewan Adat Dayak yang menolak, saat itu seorang yang mengaku berasal dari Dayak membongkar kedok Udin Balok lewat akun twitternya @Pakar Dayak. “Bermodalkan kain merah dan kuning plus mandau souvenir Udin Balok alias Stevanus memulai aksi ngibulnya,” katanya. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kawal Habib Bahar, Kedok Panglima Kumbang Kembali Dibongkar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar