Arsyadjuliadi Rachman Diberi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Oleh LAMR

Daftar Isi

    datukgubri LancangKuning.Com,- Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menggelar acara penyematan sekaligus pengukuhan gelar adat Datuk Seri Setia Amanah kepada Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman di gedung Balai LAM Riau.
    Acara diawali dengan pembacaan warkah kerapatan adat melayu Riau tentang pengukuhan gelar Datuk Seri Setia Amanah yang merupakan hasil mufakat seluruh dewan pimpinan kerapatan adat di Riau.
    Setelah pembacaan pengukuhan gelar, lalu Andi Rachman dipakaikan simbol adat melayu yakni pemakaian tanjak dan penyematan keris. Selain itu juga diberikan selempang adat berwarna kuning emas kepada Andi.
    Pemakaian tanjak dilakukan oleh Ketua Dewan Kerapatan Adat, OK Nizami Jamil dengan mengganti peci hitam yang sebelumnya dipakai Andi. Lalu keris disematkan oleh Azhar ke bagian baju Andi dan terakhir pemasangan selempang oleh kesultanan kerajaan Pelalawan.
    Sementara itu, Andi Rachman, dengan mengenakan pakaian adat melayu berwarna hitam dengan sedikit corak keemasan tampak khidmat, duduk bersimpuh menjalani prosesi adat dijalankan.
    Gubernur Riau ini disematkan gelar adat mengingat beberapa kebijakannya mendukung pelestarian budaya melayu tetap tumbuh di masyarakat Riau.
    Acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Forkopimda Riau serta OPD dari provinsi dan Kota Pekanbaru serta perwakilan dan lembaga masyarakat.
    Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman diberi gelar Datuk Seri Setia Amanah oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Gelar tersebut disematkan kepada Andi Rachman karena dianggap banyak berkomitmen dalam pelestarian kebudayaan Melayu di Bumi Lancang Kuning ini.
    Kemudian, pencanangan program pariwisata berbasis budaya dinilai sangat tepat karena dapat dijadikan pembatas pengembangan pariwisata agar tidak menyimpang dari adat kesopanan Melayu.
    Selain itu, Andi Rachman juga menelurkan Peraturan Gubernur (Pergub) muatan lokal budaya Melayu untuk dipelajari di sekolah-sekolah sebagai wujud melestarikan kebudayaan.
    Dalam penabalan Gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau kepada Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau  dihadiri ribuan tamu undangan.(ADV)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Arsyadjuliadi Rachman Diberi Gelar Datuk Seri Setia Amanah Oleh LAMR
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar