Tips Memperbanyak Ilmu Selain Dari Bangku Sekolah

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa untuk memperbanyak ilmu hanya melalui bangku sekolah saja. Sehingga muncul pandangan di mata masyarakat bahwa yang tidak menempuh pendidikan dianggap tidak memiliki pengetahuan. Untuk itu banyak orang tua rela berkorban apa saja agar anaknya bisa menempuh pendidikan di bangku sekolah dengan harapan bisa memperoleh ilmu yang banyak.

    Namun, tahukah anda bahwa anggapan seperti ini sepenuhnya tidak benar. Tidak hanya dari bangku sekolah saja, anda juga bsia memperbanyak ilmu anda dengan cara lain yang mungkin belum pernah anda pikirkan. Bahkan bisa saja dari hal sederhana di sekitar anda tanpa sadar anda mendapatkan ilmu darinya. Dilansir dari LifeIDNTimes berikut beberapa hal yang bisa membuat kamu memperbanyak ilmu selain dari sekolah :

    1. Bertanya kepada orang sekitar terkait hal yang membuat kamu penasaran

    Setiap kita mungkin sering kali merasa penasaran terhadap suatu hal yang kita lihat di hadap kita. Ketika kamu merasakan hal ini usahakan untuk bertanya, buang rasa malu demi mendapatkan pengetahuan dari orang sekitar. Karena bisa saja dengan banyak bertanya dengan orang yang ada di sekitar kamu bisa mengetahui banyak hal.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Contoh sederhana melihat suksesnya bisnis seseorang, kamu bisa bertanya kepada mereka apa kiat yang sudah mereka lakukan bisa mencapai sukses. Hilangkan rasa takut dan malu jika orang menganggap kamu terlalu kepo. Karena kamu hanya ingin bertanya, mana tahuan apa yang mereka sampaikan bisa kamu aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

    1. Seringlah mengamati kondisi dan keadaan di sekitar kamu

    Selain melalui pertanyaan langsung ketika melihat sesuatu yang membuat kamu penasaran, kamu bisa juga dengan mengamatinya. Hal ini bisa dilakukan ketika kamu merasa sungkan bertanya langsung, atau ketika kamu sudah bertanya tapi ia tidak mau memberikan pengetahuan tersebut maka amatilah apa yang terjadi di sekitar kamu.

    Mengamati apa yang ada di sekitar juga bisa menambah pengetahuan kamu, karena tanpa sadar sebenarnya banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran dan meningkatkan pengetahuan ketika melihat sesuatu yang menarik perhatian kamu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    1. Memanfaatkan buku dan internet sebagai sumber pengetahuan

    Mungkin kamu sering mendengar bahwa buku adalah jendela dunia, melalui buku kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu. Nah, dengan banyak membaca kamu bisa mendapatkan banyak ilmu. Banyak sekali jenis buku yang bisa kamu baca, dan disana akan terdapat beragam ilmu yang bisa kamu sesuaikan dengan apa yang kamu minati.

    Selain itu saat ini keberadaan internetpun memberikan banyak sekali kemudahan. Hadirnya Smartphone membuat kamu bisa menjelajahi banyak hal. Ketimbang gadget kamu gunakan untuk hal yang tidak ada artinya akan lebih baik kamu manfaatkan untuk browsing ilmu untuk menambah wawasan kamu.

    1. Mendapatkan pengalaman melalui kerabat yang memiliki banyak pengetahuan

    Selain cara di atas kamu bisa juga menambah ilmu dan wawasan kamu melalui kerabat kamu yang memang sudah ahli dalam bidangnya. Melalui kerabat yang memiliki banyak pengetahuan tentu saja akan sangat menyenangkan untuk bertanya banyak hal. Selain itu kamu juga bisa sharing dan meminta saran darinya studi yang cocok untuk masa depan kamu. Mempunyai kerabat yang banyak pengetahuan dan ahli tentu saja sangat menyenangkan dan bisa menjadi sumber ilmu kamu juga.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mengasah Kreativitas

    Setiap kita tentu saja memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dan setiap kita juga memiliki banyak sekali ide. Kamu bisa mengasah kreativitas kamu melalui ide-ide yang bergelayut di benak tersebut sesuai dengan apa skill kamu miliki. Terus asah kemampuan tersebut hingga akhirnya ada kemungkinan kamu mahir di dalamnya dan bahkan bisa membuat kamu sukses dengan hal tersebut. Mengasah kreativitas terkait skill yang kamu punya tersebut tidak hanya membuat kamu semakin mendaptkan banyak ilmu baru namun juga akan sangat menyenangkan jika dilakukan.

    Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan unruk menambah ilmu dan wawasan kamu. Tidak harus dan selalu hanya di bangku sekolah saja kamu belajar, namun kamu juga bisa banyak belajar dengan hal apa saja yang ada di sekitar kamu. Dengan banyak belajar tentu juga akan memperbanyak pengetahuan kamu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Memperbanyak Ilmu Selain Dari Bangku Sekolah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar