Ekspor CPO Menurun, Masih Dibayang-bayangi Pandemi Covid-19

Daftar Isi

     

    LANCANGKUNING.COM, JAKARTA-Dibandingkan realisasi Januari sampai Februari 2019 yang lalu, ekspor Crude Palm Oil (CPO) di Januari sampai Februari 2020 terjadi penurunan. 

    "Ekspor ke China selama Januari dan Februari 2020 lebih rendah 500.000 ton dibanding tahun lalu, ke Afrika turun 250.000 ton dan ke India 188.000 ton lebih rendah," ujar Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono seperti dikutip dari Bisnis.

    Dipaparkan Gapki, penurunan ekspor dalam dua bulan pertama 2020 cukup signifikan, yakni mencapai 20 persen secara year on year (yoy). Pada Januari, volume ekspor tercatat berjumlah 2,39 juta ton, sementara pada Februari sebesar 2,53 juta ton.

    Penurunan ekspor ke China diperkirakan akibat wabah COVID-19 dan penurunan di Afrika dipicu oleh harga CPO yang tinggi pada periode tersebut. Sedangkan penurunan di India diperkirakan karena adanya keraguan importir untuk membuat kontrak pembelian untuk pengiriman Februari menyusul rencana penetapan kuota impor minyak olahan kelapa sawit oleh pemerintah India.

    Harga CPO untuk kontrak penjualan Februari 2020 sendiri tercatat berada di level US$600 per ton, turun dibandingkan harga pada Januari yang berada di angka US$700 per ton.

    Dari segi konsumsi dalam negeri selama Februari 2020, Gapki mencatat adanya kenaikan 50.000 ton dibanding bulan sebelumnya dari 1,47 juta ton menjadi 1,52 juta ton. Kenaikan yang besar terjadi pada serapan untuk biodiesel sebanyak 70.000 ton, sedangkan untuk pangan turun 15.000 ton.

    Mukti memperkirakan konsumsi dalam negeri akan meningkat dalam dua sampai tiga bulan ini menyusul potensi kenaikan aktivitas industri minyak goreng, margarin, biskuit untuk persiapan menghadapi puasa dan lebaran.

    Di tengah pandemi COVID-19, Mukti pun memastikan operasional industri minyak sawit tetap berjalan normal sehingga aktivitas ekspor dan pemenuhan kebutuhan dalam negeri dapat terus berlanjut.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ekspor CPO Menurun, Masih Dibayang-bayangi Pandemi Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar