Personal Hygiene Pada Bayi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Merawat bayi bisa sulit terutama ketika merawat kebutuhan kebersihan mereka, dan seringkali keterampilan ini dibutuhkan lebih sering daripada orang dewasa. Mungkin sangat menakutkan untuk bertanggung jawab atas kebutuhan bayi yang baru lahir, tetapi dengan sedikit latihan, beberapa instruksi dasar, akal sehat dan rutinitas, tugas-tugas ini menjadi lebih mudah dan dapat memberikan waktu yang berharga satu hingga satu kali untuk Anda dan anak Anda.

    Mencuci dan Mandi

    Kecuali bayi Anda sangat menikmatinya, tidak perlu memandikan anak setiap hari. Setiap hari baik untuk mandi, dan seringkali itu dapat memberikan waktu yang ideal bagi orang lain, seperti sang ayah, untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil mereka. Ini juga memberi ibu kesempatan untuk menghabiskan waktu jauh dari bayi.

    Sebagai kulit bayi bisa cenderung sangat kering dan sensitif, air biasa dan baik kain cuci lembut biasa atau kapas / bantalan harus digunakan. Seringkali dalam beberapa bulan pertama, sabun, sampo, bedak dan pelembab tidak diperlukan kecuali Anda merasa yakin bahwa kulit mereka dapat mengatasinya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Seorang bayi dapat dijaga cukup bersih hanya dengan menggunakan kapas atau pembalut dan air hangat. Bayi dapat dibungkus dengan handuk hangat, dan mulai dengan wajah mereka, kapas atau kapas, (ini mungkin lebih baik karena mereka cenderung tidak meninggalkan bulu dan serat pada kulit bayi) dapat digunakan untuk mencuci terlebih dahulu kemudian mengeringkannya. area yang dipilih. Sepotong segar harus digunakan pada setiap mata, kemudian bekerja di seluruh tubuh semua area harus dicuci meninggalkan pusar dan popok sampai terakhir.

    Perhatian yang ketat harus diberikan untuk mengeringkan kulit, terutama di dalam dan di sekitar lipatan kulit seperti ketiak, di bawah leher dan di antara jari-jari tangan dan kaki. Rutin ini harus dilakukan setidaknya sekali sehari atau lebih sering jika bayi Anda membutuhkannya seperti sakit.

    Merawat Umbilicus

    Selama minggu pertama, sampai sisa-sisa tali pusat telah ditumpahkan, area tersebut harus dibersihkan setidaknya sekali sehari, sering dua kali untuk mencegahnya menjadi sakit dan terinfeksi dan mendorongnya terlepas tanpa masalah.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Panji Sakti

    Dengan menggunakan air hangat yang bersih dan beberapa potong kapas atau kain kasa, usap area tersebut dengan lembut satu kali dan buang kapas, ulangi ini sampai daerah berkeropeng yang keras melunak, atau telah dikeluarkan. Menggunakan kapas kering dan sekali pakai, ulangi sampai area kering. Setiap area perdarahan, kemerahan berlebihan, dan nanah harus dilaporkan kepada pengunjung kesehatan atau bidan karena mungkin telah terinfeksi.

    Mengganti Popok

    Bayi akan membutuhkan popoknya untuk sering diganti, setelah buang air kecil, buang air besar atau keduanya. Untuk mencegah kulit sakit dan aroma busuk di sekitar area popok, popok yang kotor harus dihapus dan diganti bila perlu.

    Sebelum mengganti popok, pastikan semua bahan yang dibutuhkan tersedia. Seringkali selama beberapa minggu pertama, kulit bayi yang baru lahir mungkin terlalu sensitif untuk memerlukan penggunaan tisu bayi, jadi semangkuk air hangat dan beberapa kapas mungkin lebih berguna (ini juga lebih baik bagi lingkungan). Penting, terutama saat membersihkan anak perempuan, bahwa gerakan 'depan ke belakang' digunakan untuk mencegah kontaminasi uretra dan kandung kemih dari bakteri pada tinja. Perhatian khusus harus diberikan pada pengeringan lipatan dan seringkali penggunaan pelumas seperti Vaseline dapat membantu mencegah area ini menjadi sakit.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Merawat bayi bisa menjadi pekerjaan yang sangat sulit, tetapi jika perawatan dan perhatian diberikan untuk menjaga standar kebersihan yang baik, banyak luka dan infeksi dapat dicegah yang memungkinkan bayi sehat yang lebih bahagia dan pada gilirannya, orangtua yang lebih bahagia.

    Mandi dan perawatan kulit

    Memberi bayi kecil dan goyah mandi bisa membuat orang tua baru gugup, tetapi dengan bersikap tenang dan siap Anda akan merasa nyaman dengan prosesnya. Ikuti tips ini untuk membuat waktu mandi pengalaman ikatan khusus antara Anda dan bayi Anda:

    Bayi yang baru lahir sebaiknya dimandikan satu sampai dua kali seminggu. Memandikan bayi Anda lebih dari ini dapat mengeringkan kulitnya

    Bayi sebaiknya tidak ditempatkan di air untuk mandi sampai tali pusarnya terlepas. Mandikan bayi Anda dengan spons menggunakan kain cuci lembut dan sabun lembut hingga tali pusat terlepas

    Selama waktu mandi, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian, bahkan untuk beberapa detik

    Siapkan semua perlengkapan mandi dalam jangkauan lengan sebelum Anda mulai, termasuk:

    Baskom berisi air hangat (bukan panas), bersihkan popok dan pakaian, dua handuk mandi, sabun ringan, ain cuci lembut, Sikat rambut.(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Personal Hygiene Pada Bayi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar