Strategi Pemasaran Tahap Kedewasaan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada titik tertentu, suatu produk akan mencapai puncak penjualan dan tingkat pertumbuhannya akan mulai melambat ketika produk-produk baru, lebih baik dan lebih murah memasuki pasar dan pelanggan mulai beralih kesetiaan mereka. Tanpa intervensi, ada risiko penjualan akan mandek atau menurun karena kejenuhan pasar. Namun nasib ini tidak bisa dihindari. Strategi pemasaran yang cerdas dapat membantu menghasilkan penjualan selama tahap kematangan produk Anda dan mempertahankan pangsa pasar Anda.

    Perluas Basis Pelanggan

    Salah satu tujuan pemasaran luas adalah untuk menangkap pelanggan baru yang belum menggunakan produk atau merek, baik dengan memasuki pasar atau geografi baru atau dengan menarik pelanggan pesaing untuk menjadi milik Anda. Sepatu bot UGG, misalnya, mencapai kematangan di pasar ceruk surfer sebelum beralih fokus ke pasar secara luas untuk wanita muda.

    Mengenai strategi spesifik, tujuannya adalah untuk fokus langsung pada sapi perah Anda - produk yang telah teruji oleh waktu - dan menginvestasikan lebih banyak sumber daya dalam mempromosikan barang-barang ini. Pesan pemasaran baru, saluran distribusi baru, dan kampanye iklan baru dapat membantu menjangkau pengguna akhir dan mendorong pengalihan merek.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Tingkatkan Tingkat Penggunaan

    Meningkatkan tingkat penggunaan berarti mencoba membuat basis pelanggan Anda saat ini untuk menggunakan produk lebih sering, sehingga meningkatkan penjualan. Taktik yang paling umum di sini adalah untuk menemukan kegunaan baru untuk produk dan meyakinkan pelanggan untuk menggunakan produk yang sama dengan cara yang berbeda - jus segar tidak hanya untuk sarapan, misalnya, dan Anda dapat menggunakan soda kue untuk memutihkan gigi dan membersihkan rumah tangga juga seperti untuk membuat kue. Promosi penjualan yang agresif dan diskon harga banyak fitur dalam strategi ini untuk mendorong konsumsi yang lebih tinggi.

    Investasikan dalam Penelitian dan Pengembangan

    Salah satu cara untuk memperluas bisnis Anda adalah berinvestasi lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Ini melibatkan pengembangan produk baru dan terus meningkatkan produk, teknologi, dan operasi Anda yang sudah ada. Misalnya, Anda dapat meluncurkan lini produk baru, meningkatkan teknologi yang ada untuk membuat produk yang lebih baik dan mengurangi kesalahan, menambahkan fitur baru ke sesuatu yang sudah Anda tawarkan, memprioritaskan inovasi dan banyak lagi.

    Baca juga :Strategi Pemasaran Tahap Pertumbuhan

    Strategi-strategi ini dapat memberi Anda keunggulan kompetitif dan meningkatkan jangkauan Anda. Mereka juga membantu Anda mengidentifikasi cara untuk memaksimalkan produktivitas dan memotong biaya marjinal. Perusahaan-perusahaan sukses seperti Samsung, Microsoft, Amazon dan Google menghabiskan milyaran untuk R&D - dan upaya mereka membuahkan hasil.

    Ubah Produk

    Memodifikasi produk adalah cara yang sudah dicoba dan diuji bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dewasa - berapa kali Anda melihat produk berlabel "baru dan lebih baik"? Mengubah produk Anda berarti mengubahnya untuk memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan. Anda dapat melakukan ini dengan meningkatkan kualitas produk, fitur, daya tahan, keandalan, keserbagunaan atau keamanan atau dengan memperbarui nama, kemasan, dan gaya produk.

    Apple Inc. adalah master reinvention. Perusahaan "menciptakan" iPhone baru setiap beberapa tahun dengan merilis model yang ditingkatkan. Pelanggan biasanya menganggap upgrade sebagai penawaran produk baru dan senang berbisnis dengan Apple lagi.

    Harga untuk Mengalahkan Kompetisi

    Selama fase jatuh tempo, penjualan untuk produk tertentu akan datar dan kemudian menurun setelah mencapai titik jenuh. Bisnis biasanya menghadapi persaingan harga yang meningkat dari pendatang baru di pasar dan pelanggan tidak mungkin membayar mahal untuk produk lama yang sama lagi. Salah satu opsi adalah meninjau kembali strategi penetapan harga Anda.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Misalnya, Anda dapat memangkas harga untuk menarik pelanggan pesaing atau basis pelanggan yang lebih luas. Atau, Anda dapat menaikkan harga. Harga yang lebih tinggi, di samping kampanye pemasaran untuk menekankan manfaat dan keunggulan merek, dapat memposisikan ulang produk sebagai produk kelas atas. Riset pasar sangat penting untuk memahami strategi penetapan harga yang akan menambah nilai tertinggi pada produk yang Anda jual.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Pemasaran Tahap Kedewasaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar