Alat Reproduksi Pada Mahkota Bunga

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bunga adalah alat reproduksi atau alat untuk berkembang biak pada tumbuhan yang. Bunga memiliki 2 alat kelamin yakni kepala putik (betina) dan benang sari atau serbuk sari (jantan). Dan adapun proses terjadinya penyerbukan pada bunga yang dibantu oleh serangga, angin, dan manusia.

    Dapat kita lihat, bunga memiliki beberapa bagian misalnya kelopak dan mahkotanya. Bunga terbagi atas dua macam berdasarkan kelengkapan alat berkembang biak yang dimiliki oleh bunga tersebut yaitu bunga tidak sempurna dan bunga sempurna.

    1. Bunga tidak sempurna

    Bunga tidak sempurna adalah bunga yang cuma memiliki salah satu alat reproduksi (putik atau benang sari) atau salah satu perhiasan bunga (kelopak atau mahkota). Beberapa contoh dari bunga tidak lengkap yakni bunga kelapa sawit, bunga papaya, bunga kamboja, dll.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Bunga sempurna

    Bunga sempurna adalah bunga yang punya semua alat reproduksi pada bunga. Bagian utama bunga yang dimaksud seperti mahkota bunga, kelopak bunga, putik, dan benang sari. Beberapa contoh dari bunga yang lengkap adalah bunga mawar, bunga kembang sepatu, bunga anggrek, bunga bougenvil, dll.

    Bagian utama dari bunga yaitu mahkota bunga, kelopak bunga, putik, dan benang sari. Berikut ini adalah bagian dan fungsi dari bunga.

    • Tangkai bunga

    Tangkai bunga merupakan salah satu bagian bunga dan terletak di bawah bunga yang bertugas sebagai penghubung antara ranting dan bunga atau alat penyangga bunga. Selain itu, tangkai bunga juga memiliki fungsi sebagai pendukung terakhir dari cabang bunga. Kita biasa memetik bunga dari tangkai bunga karena tangkai bunga tepat berada di bagian bawah bunga.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

    • Dasar bunga

    Dasar bunga terletak pada bunga bagian bawah dan terletak diatas tangkai bunga dan memiliki fungsi sebagai tempat melekatnya semua bagian-bagian bunga termasuk bagian utama bunga.

    • Bakal biji

    Bakal biji merupakan tempat terjadinya proses pembentukan biji. Setelah pembentukan biji terjadi, akan menghasilkan biji yang matang atau masak. Fungsi bakal biji yaitu sebagai tempat untuk melindungi dan pertemuan antara sel telur yang telah dibuahi oleh serbuk sari pada saat proses penyerbukan terjadi.

    • Kelopak bunga

    Kelopak bunga terletak pada bagian terluar bunga dan memiliki fungsi untuk melindungi mahkota bunga ketika masih menguncup dan akan terbuka ketika mahkota bunga sudah mekar. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau mirip dengan warna daun dan tidak seindah mahkota bunga.

    • Putik

    Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina pada bunga dan mengandung sel telur. Biasanya putik ini berada di tengah bunga. Putik memiliki 3 bagian yaitu tangkai putik : bagian dari putik yang membuat kepala putik pada posisi yang tertinggi serta membantu dalam proses penyerbukan, kepala putik : bagian dari putik yang berada pada ujung putik, bakal buah : bagian dari putik yang berada pada dasar bunga.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Benang sari

    Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan pada bunga dan biasanya bunga ini memiliki 4 kotak sari yang biasa disebut dengan mikrosporangia. Sama seperti putik, benang sari juga memiliki 3 bagian yaitu tangkai sari : bagian dari benang sari yang membuat kepala sari pada posisi yang tinggi serta membantu dalam proses penyerbukan, kepala sari : bagian dari benang sari yang berada pada ujung benang sari, serbuk sari : bagian dari benang sari yang mengandung sel jantan yang akan digunakan pada saat penyerbukan terjadi.

    • Mahkota bunga

    Mahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga serta untuk melindungi alat reproduksinya. Warna mahkota bunga yang menarik perhatian serangga dan memiliki mahkota yang besar tak lain adalah untuk membantu mahkota bunga untuk melaksanakan proses penyerbukan. (Mawarni)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat Reproduksi Pada Mahkota Bunga
    Sangat Suka

    45%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    9%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    45%

    Komentar