Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Pada Tumbuhan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Proses metabolis ternyata tidak hanya terjadi pada hewan & manusia, namun tumbuhan pun mengalami proses yang sama untuk kelangsungan hidupnya agar tetap bertahan. Proses metabolis pada tumbuhan juga sama dengan manusia yakni melalui proses yang panjang serta rumit.  Sebelum masuk ke pembahasan faktor apa saja yang mempengaruhi metabolisme yang terjadi pada tumbuhan, kita harus tahu dulu apa maksud dari metabolisme.

    Metabolisme mempunyai arti yakni rangkaian suatu  proses berupa reaksi yang sifatnya kimia yang terjadi dalam tubuh , perannya sebagai penyuplai sumber energi serta menghasilkan makanan.

    Hasil dari proses ini berupa sumber energi yang sifatnya kimiawi guna memenuhi energi suatu makhluk untuk menjalani hidupnya contoh; tumbuh, berkembang, melakukan pergerakan, melakukan proses reproduksi agar terjaga kelangsungannya, dan banyak lagi. Energi yang di dapat dari proses metabolis itu di simpan dalam bentuk zat yang di sebut Adesonin Triphospat (ATP) yang di dapat dari sumber penghasil makanan yang punya kandungan karbohidrat yang tinggi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Metabolisme pun terbagi atas 2 jenis yakni anabolis & katabolis.  Katabolis sendiri ialah suatu prosedur penguraian senyawa yang sifatnya kimiawi kompleks di ubah jadi zat kimia yang jauh lebih sederhana lagi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa katabolis sangat cocok digunakan untuk sel sel yang ada di dalam tubuh baik hewan, manusia & tumbuhan.

    Sedangkan anabolis atau sering disebut suatu reaksi pembentuk, yang artinya pada proses ini akan mengubah senyawa yang sifatnya kimia sederhana menjadi lebih kompleks lagi. Proses ini merupakan kebalikan dari proses katabolis, jika katabolis mengubah menjadi lebih sederhana suatu  zat tersebut, di proses ini akan mengubah zat yang awalnya sederhana jadi kompleks.

    Contoh dari proses anabolis yakni dengan peran dari zat ATP pada saat proses fotosintesis sedang berlangsung pada suatu tanaman, zat ini akan membantu tanaman untuk menghasilkan makanannya sendiri berupa zat gula atau di sebut glukosa. Adapun. Faktor yang mempengaruhi proses metabolis pada tumbuhan yaitu sebagai berikut:

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nusantara Jaya, Makasar

    • Pada tumbuhan terdapat  macam  metabolisme yakni anabolisme & katabolisme. Pada saat katabolis berlangsung akan terjadi beberapa proses seperti, siklus kreb, proses transport elektron (fosforilasi oksidasi), glikolisis, proses dekarboksislasi oksidasi. Glikosis ialah suatu prosedur untuk memecahkan molekul zat gula atau glukosa jadi dua macam asam bernama piruvat, proses ini terjadi tepat di dalam  protoplasma, sitosol, dan juga protoplasma. Mengapa glikolis terjadi hanya pada bagian tersebut?
      Itu dikarenakan dalam sitoplas sangat banyak mengandung  zat seperti amino, asam  lemak, vitamin, zat air, gliserol, bahan yang bersifat intra seluler & juga garam mineral. Dua jenis asam yang sudah di hasilkan dari proses tadi  akan di manfaatkan untuk bahan dasar pada proses kimia yang lainnya seperti pada saat dekarboksilasi oksidasi atau di singkat (DO).

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Pada proses fisiologis yang terjadi pada tumbuhan  melibatkan lebih dari satu proses, misal tumbuhan sedang melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan bagi diri nya untuk bertahan serta tumbuh, akan di bantu oleh zat hara yang ada di dalam tanah, sel-sel yang akan meregenerasi dengan bantuan  zat enzim, yang di dapat dari pembelahan sel-sel yang ada.
      Proses perkembangbiakan tumbuhan pun melalui jalan yang di sebut meiosis dengan bantuan bunga, proses pergerakan tumbuhan dibantu oleh sinar matahari serta sumber energi lainnya, dipengaruhi juga oleh faktor hormon sebagai penentu ciri fisik pada tumbuhan & juga zat yang dihasilkan oleh metabolis dalam tubuh tanaman. Proses metabolisme yang terjadi pada tumbuhan melalui proses yang rumit karena para pakar telah melakukan penelitian tentang hal tersebut & juga di dukung oleh bukti lain yang ada sebelumnya.(Barnard)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Pada Tumbuhan
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar