Tahapan Metamorfosis Sempurna Pada Hewan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Seperti yang kita ketahui bersama setiap makhluk hidup pastinya tumbuh dan berkembang. Proses perkembangan ini memiliki beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut biasa disebut dengan metamorfosis. Ya, saat kita mendengar kata metamorfosis tentunya di telinga kita akan terpintas yang namanya serangga.

    Serangga yang tidak asing lagi didengar adalah kupu-kupu, capung, kecoa, lalat, dll. Namun, tidak semua hewan maupun serangga yang kita lihat sehari-hari mengalami yang namanya metamorfosis sempurna.

    Apa itu metamorfosis? dan apa pula metamorfosis sempurna itu? Serta hewan mana saja yang mengalami metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna? Setelah ini kita akan mencari tahu rahasia di balik metamorfosis hewan-hewan tersebut. Baiklah, apa itu metamorfosis? Metamorfosis adalah proses atau tahapan pada hewan sebelum menjadi hewan dewasa.Meliputi perubahan bentuk tubuh atau strukturnya, ukuran, berat, dan perubahan organ-organ tubuhnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Sedangkan metamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami 4 tahapan dalam masa perkembangannya, yaitu telur, larva, pupa, dan hewan dewasa. Nah, dari penjelasan tersebut kita telah mengetahui bahwa hewan yang dikatakan mengalami metamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami 4 tahapan tersebut.Selain itu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna mengalami perubahan bentuk yang signifikan yaitu,tahap satu dengan tahap yang lainnya memiliki perbedaan atau tidak sama.

    Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, contohnya adalah katak dan kupu-kupu. Katak mengalami 4 tahapan dalam metamorfosisnya yang pertama telur, kedua berudu atau cebong, ketiga katak kecil dan terakhir katak dewasa. Dapat disimpulkan katak mengalami metamorfosis sempurna. Selain itu kupu-kupu juga mengalami hal yang sama pertama telur, ulat, kepompong, lalu menjadi kupu-kupu. Dari serangga ini kita bias melihat bahwa kupu-kupu mengalami 4 tahapan dalam proses pertumbuhannya yang pertama telur, kedua ulat (larva),ketiga kepompong(pupa) dan terakhir menjadi kupu-kupu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Teuku Umar Meulaboh

    Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna umumnya memiliki bentuk tubuh serta struktur tubuh yang berbeda di setiap tahap perkembangannya. Metamorfosis juga dapat dikatakan sebagai bentuk adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungannya.Setiap kali ia berubah wujud atau bentuk guna melindungi diri dari ancaman luar.

    Selain sebagai bentuk adaptasinya metamorfosis juga bentuk kuasa Tuhan yang Maha Esa. Dari proses metamorfosis hewan dan serangga diatas kita mendapat pelajaran yang berharga yaitu untuk menjadi sesuatu yang besar atau ingin mencapai sesuatu di perlukan tahapan-tahapan dan usaha yang berbeda pula agar keinginan atau tujuan kita dapat tercapai.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Selain hewan di atas ada juga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna di antaranya kecoa, ayam, kucing, dan ular hewan yang tidak mengalami metamorfosis sempurna ini memiliki ciri yang sama pada fase atau tahap tertentu contohnya,ayam memiliki metamorfosis yang tidak sempurna pertama telur, kedua anak ayam,ayam dewasa. Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna umumnya memiliki struktur tubuh yang sama atau fisik yang tidak banyak berubah. Namun sekali lagi kita mendapatkan pelajaran berharga bahwa tidak semua makhluk itu sempurna.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tahapan Metamorfosis Sempurna Pada Hewan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar