Berpetualang Di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Indragiri Hulu

Daftar Isi

    Wisata di INHU - Satu lagi destinasi wajib yang menjadi surganya para petualang, yaitu Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang terletak di Kabupaten Indragiri Hulu. Taman Nasional ini menawarkan banyak destinasi petualangan, mulai dari Jungle Trekking, susur sungai, menikmati indahnya pemandangan di sekitar Taman Nasional dan menikmati atraksi budaya suku Talang Mamak.
     
    Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga kaya akan flora dan fauna. Beberapa jenis fauna masih bisa kita jumpai di Taman Nasional ini. Mulai dari Harimau Sumatera, Beruang Madu, Tapir, Siamang, Rusa, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw, dan aneka satwa lainnya. Sedangkan jenis flora langka yang diduga endemik di kawasan ini adalah Cendawan Muka Rimau (Raflesia haseltii) dan Salo (Johannes tesmania altrifons). Tidak kurang dari 1500 jenis tumbuhan terdapat di kawasan ini. Didominasi oleh tumbuhan seperti Terap, Kepinis dan Meranti.
     
    Satu lagi yang tidak kalah menarik, Di kawasan ini juga tumbuh Bunga Bangkai (Amorphophallus). Bila beruntung, kita bisa menyaksikan bunga ini mekar dengan ketinggian mencapai 3 meter dengan ciri berwarna loreng hitam kecoklatan dan hijau tua.
     
    Selain menjadi tempat bernaung berbagai flora dan fauna, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga menjadi tempat bernaung bagi beberapa Suku Pedalaman seperti, Suku Talang Mamak, Suku Kubu (Anak Rimba) dan Suku Melayu Tua. Tentu saja hal ini membuat Bukit Tiga Puluh menjadi salah satu destinasi yang menawarkan keragaman budaya asli Riau.
     
    Kondisi jalan di kawasan ini cukup ekstrem. Cuma mobil berstandar off road yang mampu melewati jalan ini. Bila tak hati-hati, parit-parit besar yang ada di kiri dan kanan jalan akan membuat mobil terperosok. Butuh waktu 30 menit untuk sampai di camp Granit, yaitu tempat penginapan di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.
     
    Taman Nasional ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata petualangan favorit bagi pelancong domestic maupun luar negeri. Bukit Tiga Puluh memang sangat mempesona, Bentang alam yang cantik terhampar sejauh mata memandang. Belum lagi ditambah dengan kicauan burung yang bersahut-sahutan, menambah kian eksotisnya suasana.
    (Ylz)
     
    Sumber : tripriau.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berpetualang Di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Indragiri Hulu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait