Perangkat Pengembangan Aplikasi Web

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Secara fisik, web terdiri dari perangkat mobile atau komputer pribadi, perangkat lunak web browser, server yang dikenal sebagai hosting, router dan switch untuk memberikan arah dari aliran informasi, serta sambungan ke penyedia layanan.

    Sementara pengembangan aplikasi web merupakan suatu penciptaan serta pemeliharaan bagi aplikasi perangkat lunak agar dapat digunakan untuk World Wide Web. Perangkat pengembangan aplikasi web terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras.

    Lantas, apa saja komponen-komponen yang terdapat pada perangkat lunak dan perangkat keras pada perangkat pengembangan aplikasi web? Berikut penjelasannya:

    Perangkat Lunak

    Perangkat lunak pada perangkat pengembangan aplikasi web terdiri dari beberapa bagian seperti berikut ini:

    1. Web Page Authoring

    Web page authoring merupakan perangkat lunak, misalnya, desktop publishing. Namun, desktop publishing pada web page authoring untuk perangkat lunak pengembangan aplikasi web memiliki format yang menghasilkan halaman web.

    Biasanya, aplikasi ini bersifat What You See Is What You Get (WYSIWYG) atau disebut pula whizzy-wig untuk mendapatkan apa yang Anda lihat. Jadi, aplikasi ini akan menampilkan seperti yang dihasilkan.

    Beberapa aplikasi yang termasuk web page authoring antara lain:

    • Adobe Dreamweaver, sebuah aplikasi berbayar dan berlisensi dari perusahaan Adobe. Adobe Dreamweaver dilengkapi banyak fitur dan fasilitas untuk pengembangan web.
    • Microsoft Expression Web, aplikasi di bawah lisensi Windows ini merupakan bagian dari Microsoft’s suite yang dimanfaatkan oleh perancang profesional.
    • Nvu atau Linux, Mac OS X dan Windows yang juga disebut N-view, merupakan aplikasi open source dan dapat diunduh secara gratis.
    1. Editor

    Editor merupakan perangkat lunak dari perangkat pengembangan aplikasi web yang cenderung menerapkan HTML. Beberapa aplikasi di antaranya adalah TextPad yang hanya tersedia pada Windows, Teks Sublime, Textmate dari MacroMates dan BBEdit dari Bare Bones Software.

    1. Aplikasi Gambar dan Edit Gambar

    Aplikasi gambar ataupun untuk mengedit gambar digunakan sebelum ditambahkan ke dalam halaman web. Beberapa aplikasi yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Photoshop Elements, Adobe Illustrator, Adobe Fireworks, dan Corel Paint Shop Photo Pro yang hanya tersedia untuk Windows.

    1. Aplikasi Internet

    Aplikasi internet digunakan saat hasil akhir pengembangan halaman web. Beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuka halaman web atau disebut browser. Misalnya pada Windows terdapat aplikasi browser Internet Explorer, Firefox, Chrome, Safari maupun Opera.

    1. Aplikasi Transfer File atau File Transfer Protokol (FTP)

    File Transfer Protokol (FTP) merupakan aplikasi yang memudahkan untuk mengunduh hingga mengunggah file antar komputer agar menjadi halaman web atau we server.

    Sebelumnya, beberapa aplikasi pada authoring web juga dilengkapi FTP yang langsung terintegrasi maupun secara khusus.

    Perangkat Keras

    Sedangkan perangkat keras untuk pengembangan aplikasi web merupakan komponen-komponen yang terkait dengan suatu system. Ada beberapa komponen-komponen yang digunakan untuk pengembangan aplikasi we, di antaranya adalah sebagai berikut:

    1. Komputer Utama

    Komputer utama dilengkapi operating system seperti Windows, Linux dan Macintosh. Namun, perusahaan pengembangan aplikasi web cenderung menggunakan komputer utama berbasis operating system Macintosh.

    1. Memori Tambahan

    Untuk pengembangan aplikasi web, sebaiknya komputer dilengkapi dengan memori besar. Memori tambahan dibutuhkan sebab pengembangan aplikasi web seringkali mengharuskan pengembang untuk membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan.

    1. Monitor Besar

    Sebenarnya, monitor besar tidak diharuskan ada untuk memudahkan saat pengembangan aplikasi web. Namun, monitor besar sangat penting dalam proses desainer visual. Sebab, semakin besar monitor yang digunakan untuk pengembangan aplikasi web, semakin banyak pula panel control dan jendela yang bisa dibuka secara bersamaan.

    1. Scanner atau Kamera Digital

    Scanner atau kamera digital digunakan dibutuhkan jika saat pengembangan aplikasi web harus membuat tekstur maupun gambar.

    1. Komputer Kedua

    Untuk pengembangan aplikasi web, komputer utama tidak cukup sehingga dibutuhkan komputer kedua. Komputer kedua digunakan saat akan menguji platform yang berbeda dari komputer utama.

    1. Perangkat Mobile

    Tidak hanya komputer kedua, uji platform untuk tampilan dan kinerja aplikasi web juga dilakukan pada perangkat mobile, seperti smartphone. Sebab, kebanyakan aplikasi web memiliki tampilan yang berbeda saat pada komputer maupun perangkat mobile.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perangkat Pengembangan Aplikasi Web
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar