Pemerintahan Povinsi Riau Perkuat Koperasi Dan UKM Hadapi MEA

Daftar Isi

    LancangKuning.Com, Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya meningkatkan kualitas usaha dan produk dari usaha-usaha kecil di daerah itu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang bakal dimulai pada awal 2016.
    Namun demikian, Indonesia harus siap berkompetensi di bidang pertanian, jasa, perdagangan dan lainnya sehingga pemerintah Provinsi Riau terus mendorong pemilik usaha agar lebih giat berproduksi.

    Pemerintah provinsi Riau juga membantu proses pemasaran dan permodalan agar UKM di daerah ini akan lebih berdaya mengahadapi persaingan di era MEA. Apalagi kini, dua kabupaten dan kota di Riau sudah memberikan kemudahan bagi calon pengusaha untuk membuka usaha baru yang hanya memerlukan izin dari Camat, jika memiliki KK, KTP di daerah setempat.

    Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mengapresiasi program-program yang dijalankan. Ia mengatakan, Riau sebagai daerah yang berada tepat di garis perbatasan dengan beberapa negara di Asia Tenggara berpotensi besar dalam mengembangkan produk-produk UKM.

    "Selama ini UKM selama ini sudah cukup baik dan terus menggeliat di Riau. Ke depannya Riau akan berkembang lagi dengan produk UKM-nya terutama di daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan negara tetangga," papar Gubri yang disapa dengan panggilan Andi Rachman.

    Menurutnya, banyak potensi yang masih bisa dikembangkan pelaku UKM di Riau. "Kita di Riau tidak akan takut bersaing, karena banyak produk unggulan yang bisa diproduksi UKM di Riau. Ini akan terus berkembang, dan pemerintah daerah selalu mendukung itu," ucapnya

    "Pulau Sumatera yang berbatasan dengan negara Asean punya peluang besar meningkatkan ekonomi dan ini didukung potensi alam yang besar," kata Arsyadjuliandi Rachman pada rapat koordinasi (Rakor) Pemberdayaan Koperasi dan UMKM se-Sumatera di Pekanbaru.



    Namun demikian, Gubri mengharapkan agar koperasi dan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Riau terus meningkatkan kualitasnya, karena merupakan urat nadi perekonomian."Koperasi yang sehat dapat bertahan dalam kondisi apapun," katanya. Apalagi dengan kemajuan teknoligi, sehingga sangat mudah memantau dan mengawasi koperasi.

    Andi Rachman bertekad menumbuhkembangkan koperasi dan UMKM di Riau, bukan kuantitasnya tetapi kualitasnya yang besar, sehat, kuat, mandiri dan handal sejajar dengan pelaku ekonomi lainya di tanah air. "Kita yakin hai ini bisa diwujudkan di berbagai sektor kegiatan usaha koperasimulai dari koperasi produsen, koperasi simpan pinjam koperasi pemasaran dan koperasi yang bergerak di sektor jasa," kata Andi Rachman. (ADV/PEMPROV RIAU)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemerintahan Povinsi Riau Perkuat Koperasi Dan UKM Hadapi MEA
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar