Pemprov Riau Kembangkan Assesment Center BKP2D Provinsi Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.Com,- Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau terus berupaya menciptakan aparatur sipil negara (ASN) yang profesional dan berintegritas di antaranya melalui pengembangan Assessment Center. 

    Assessment Center selain betujuan untuk memilih calon-calon pimpinan yang handal dan siap menghadapi tugas-tugas ke depan nanti, juga digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan, yang perlu diberikan kepada setiap karyawan agar lebih siap menghadapi tugas-tugas yang akan diberikan di kemudian hari. Assessment Center sebagai suatu metoda, selain digunakan dalam program pengembangan karir, juga digunakan dalam proses seleksi dan penempatan karyawan/pegawai.

    Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, Àssessment center memiliki daya prediksi yang cukup valid untuk memastikan investasi organisasi di bidang pengembangan dan penempatan SDM. Beberapa keuntungan atau manfaat bagi pengembangan individu diantaranya dapat bekerja pada tempat yang sesuai dengan kompetensinya, mengoptimalkan potensi diri, dan mengetahui kebutuhan pengembangan dirinya berdasarkan feedback yang diterimanya.

    Dan juga mengembangkan potensi aparaturnya secara terus menerus sehingga didapatkan kinerja yang lebih baik, memperoleh kriteria jabatan tertentu, dapat dipergunakan untuk mendiagnosa kebutuhan pelatihan dan pengembangan, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan manajerial skill, dan menyusun strategi dan tindakan pengembangan yang tepat.



    Tidak hanya itu, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau melalui UPT. Assessment Kepegawaian melaksanakan kegiatan Pemetaan Jabatan Administrator ( Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas ) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau pada bulan Agustus 2016 lalu. Drs. Asrizal, M.Pd selaku Kepala BKP2D Provinsi Riau dalam sambutannya, menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini agar dapat menciptakan aparatur yang profesional dan berintegritas. Dalam pemetaan Jabatan Administrator bertujuan agar dapat memotret dan mengetahui kompetensi manajerial dari pejabat administrasi esselon III dan IV baik itu pejabat administrator maupun pengawas. Selain itu penguatan kelembagaan satuan kerja perangkat daerah atau organisasi perangkat daerah dan mengimplementasikan PP No. 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

    Sementara itu, dalam rangka mendukung pengembangan Assessment Center Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan Diklat Assessor SDM Aparatur bagi 14 Pegawai Negeri Sipil yang telah disaring melalui Seleksi Assessor Provinsi Riau, belum lama ini di Pekanbaru. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh peserta dapat memperkuat pembentukan dan pengembangan Assessment Center Provinsi Riau ke depannya. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Drs. Asrizal, M.Pd mengatakan assessment dilakukan bertujuan menciptakan aparatur profesional dan berintegritas. Kegiatan ini bertujuan agar dapat memotret dan mengetahui kompetensi manajerial dari pejabat administrasi esselon III dan IV baik itu pejabat administrator maupun pengawas. (Advetorial Pemprov Riau)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemprov Riau Kembangkan Assesment Center BKP2D Provinsi Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar