Pemprov Riau Terus Berdayakan Peluang Sektor Perikanan dan Kelautan

Daftar Isi

    LancangKuning.Com,- Provinsi Riau memiliki laut yang luas dan tentu saja berdampak kepada potensi keluatan yang dapat dihandalkan. Maka tidak salahlah Bagan Siapiapi pada masa lalu tercatat sebagai penghasilikan terbesar di negara ini. Tentu saja anugerah dari Tuhan ini haruslah dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menyejahterakan masyarakat Riau itu sendiri. 

    Memiliki daerah kelautan yang luas yang berbatasan langsung dengan beberapa negara jiran, membuka peluang bagi Provinsi Riau mengembangkan dermaga bongkar muat bertaraf internasional. Daerah Dumai menjadi contoh untuk hali itu. Kini Pemerintah Provinsi Riau juga sedang mengembangkan dermaga ini di kawasan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir. Selain dermaga, sekolah-sekolah keluatan juga menjadi kekuatan untuk mendukung hal tersebut dan Pemprov Riau pun telah menyediakan kawasan-kawasan pesisir Untuk keinginan ini. 

    Melihat langsung potensi kelautan yang ada di Provinsi Riau, Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Negara Indonesia (Sesko TNI), Letjen TNI Agus Soetomo, SE, beberapa waktu lalu berkunjung ke Riau. Dalam kunjungannya, Agus Soetomo, merasa puas apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam mengelola potensi laut yang ada di Tanah Melayu ini. 

    Hal ini disampaikan oleh Agus Soetomo dalam pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Peserta Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Provinsi Riau Perwira siswa (Pasis) Dikreg XLIII SESKO TNI Tahun 2016 di ruang Melati, Kantor Gubernur.

    "Saya sangat puas dengan penjelasan yang lengkap dan lugas Gubernur Riau tentang potensi Riau yang berhubungan dengan potensi ekonomi," kata mantan Komandan Kodiklat TNI AD.

    Sesuai jadwal, Agus Soetomo beserta jajarannya berkunjung ke Kota Dumai untuk mengetahui kondisi di lapangan yang sebenarnya melalui Komandan Angkatan Laut (Danlanal).

    "Ini jadi kewajiban bersama untuk meletakan kepentingan nasional supaya mampu dikelola stakeholder yang ada," ucapnya.

    Menginggat Riau banyak kepulauan serta pesisir yang berbatasan langsung dengan beberapa negera tetangga. Maka, dibutuhkan sebuah sistem pengamanan yang maksimal.

    "Nanti hasil temuan disini akan dikaji, kemudian menjadi saran bagi pimpinan untuk bagaimana cara mengelola potensi daerah terutama di Riau," tandasnya.

    Selain dikunjungi oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando Tentara Negara Indonesia (Sesko TNI), Letjen TNI Agus Soetomo, sebelumnya pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melalui Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Rifki Hardiyanto terlebih dahulu mengunjungi Provinsi Riau. Kunjungan ini untuk rencana pengembangan daerah pesisir yang memiliki potensi untuk dibangun pendidikan kelautan.

    Kedatangan pihak Kementerian ini, dalam rangka peningkatan SDM di sektor kelautan. Makanya, mereka berencana mendirikan sekolah yang ada sangkutpautnya di bidang kelautan, apalagi di Riau terdapat beberapa daerah pesisir seperi Dumai, Rohil, Indragiri Hilir (Inhil), Meranti, Bengkalis.

    "Kita coba tawarkan beberapa tempat, baik itu yang di Dumai maupun Bagan Siapiapi, Rohil. Nanti danalisis mana yang dipilih," ujar Andi Rachman, sapaan akrab Gubernur Riau ini.

    Andi Rachman juga menjelaskan bahwa untuk pengelolaan sekolah kelautan ini tinggal kesepakat antara pemerintah provinsi Riau, kabutan/kota serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

    "Bisa lahan kita siapkan baik lahan maupun gedung yang sudah lama tidak berfungsi. Setelah itu, mereka yang bangun kita serahkan ke Kementerian, dana dan pengembangannya dengan Anggaran pendapatan Belanja Negara (APBN)," jelas Andi Rachman. (ADv).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemprov Riau Terus Berdayakan Peluang Sektor Perikanan dan Kelautan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar