Kualitas Udara Pekanbaru Berbahaya, Se-Riau 39 Ribu Lebih Orang Sudah Terkena ISPA

Daftar Isi

     

    PEKANBARU-Kebakaran hutan dan lahan hang semakin meluas membuat udara di Kota Pekanbaru, pada Kamis (12/9/2019) sudah masuk kategori berbahaya. Dan angkanya hampir sama di beberapa daerah, seperti Minas, Libo dan Duri.

    Alat pengukur Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang menunjukkan angka kategori berbahaya antara lain di daerah Rumbai, Kota Pekanbaru. Kemudian di daerah Minas Kabupaten Siak, daerah Petapahan di Kabupaten Kampar, Kota Dumai, daerah Bangko dan Libo di Kabupaten Rokan Hilir, serta di daerah Duri Kabupaten Bengkalis.

    "Di Pekanbaru sendiri, daerah Tenayan Raya dan pusat kota kategori tidak sehat. Tapi di daerah Rumbai sudah berbahaya, ISPU warna hitam," ujar Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera, Amral Fery seperti dikutip dari Antara.

    Akibat memburuknya kualitas udara ini telah membuat sebanyak 39.277 warga Provinsi Riau menderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Angka ini adalah angka yang datang ke klinik pengobatan dan didata Dinas Kesehatan.

    Angkanya diprediksi melebihi dari 39 ribu jiwa yang mengalami ISPA.

    Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir jumlah penderita ISPA meningkat dibandingkan bulan Juli sebanyak 27.563 orang, menjadi 29.346 orang pada Agustus dan hingga tanggal 11 September jumlahnya sudah mencapai 9.931 orang.

    Mimi menjelaskan, penderita ISPA selama bulan Agustus paling banyak di Kota Pekanbaru yakni lebih dari 7.377 orang. Kemudian di Kabupaten Kampar ada sekitar 4.152 orang, Siak 4.616 orang dan Kota Dumai ada 3.932 pasien.

    Ia mengatakan seluruh Puskesmas di 12 kabupaten/kota sudah disiagakan sebagai posko untuk menangani masyarakat yang terpapar asap Karhutla. "Warga tidak dipungut biaya untuk berobat ke Puskesmas," katanya.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kualitas Udara Pekanbaru Berbahaya, Se-Riau 39 Ribu Lebih Orang Sudah Terkena ISPA
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar